Posted by : Unknown 16 Feb 2014


LOL - begitulah reaksi saya setiap kali menonton anime ini. Judul anime ini adalah D-Frag! atau juga dikenal dengan D-Fragments!. Di season ini D-Frag! adalah anime yang paling saya sukai dikarenakan komedinya yang sangat gila. D-Frag! merupakan anime yang bertemakan sebuah klub. Di sini kita akan mengikuti lika liku keseharian para anggota Game Developer Club alias Klub Pembuatan Game.



Sebelumnya saya sempat berpikir jika anime ini adalah sebuah harem. Bagaimana tidak? Di kovernya ada gambar lima orang karakter perempuan dan satu karakter laki-laki. Ditambah lagi preview di MAL yang mengindikasikan karakter laki-laki ini memasuki sebuah klub bersama lima karakter ini. Saya langsung teringat GJ-bu, yang mana satu-satunya anggota cowok di sebuah klub "dipermainkan" oleh para anggota ceweknya.

Namun ternyata, semua anggapan itu salah besar. Mengapa?


What is your element?


Berawal dari Kazama Kenji dan dua temannya, Nagayama Hiroshi dan Yokoshima, yang berniat untuk menjadi seorang berandalan sejati. Sebagai berandalan yang disebut Kazama Party, debut mereka memang benar-benar garang di episode pertama. Namun, ketika melihat ada api yang menyala di ruang Game Developer Club, mereka pun langsung tergerak hatinya untuk memadamkannya. Saat itulah mereka bertemu dengan empat cewek anggota klub itu.


Namun, siapa sangka jika kelima cewek itu malah menyerang para berandalan dengan jurus elemennya masing-masing? Oosawa Minami, si elemen petir, menyerang Yokoshima dengan stun gun. Mizukami Sakura, si elemen air, menyerang Nagayama dengan memasukkan banyak air ke tenggorokannya. Karasuyama Chitose, si elemen tanah, memukul Kazama dengan tangannya yang berlumuran tanah. Beruntung, ketika Shibasaki Roka dengan elemen apinya hendak menyerang dengan kenbang api, Kazama berhasil kabur.


Terjadilah kejar-kejaran antara Kazama dengan para anggota Game Dev Club. Kazama pun tertangkap ketika dikalahkan oleh elemen kedua Roka, yaitu serangan kegelapan dengan menutup kepala Kazama dengan tasnya. Kazama yang tertangkap dipaksa untuk bergabung di klub yang kekurangan anggota tersebut.


Keadaan pun semakin konyol ketika terungkap jika Minami sendiri adalah guru penasehat klub itu. Kemudian terungkap juga jika ternyata Chitose adalah ketua OSIS di sekolah itu. Bahkan Chitose ditakuti banyak murid karena terkenal dengan kekejamannya. Kemudian muncul juga Kawahara Ataru, teman lama Kazama yang merupakan wakil ketua OSIS, sekaligus rival dari Chitose. Parahnya, Ataru adalah seorang masochist. Tampaknya tak ada yang normal di anime ini.


Seiring berjalannya cerita, terungkaplah jika Game Dev Club milik Roka itu ternyata palsu. Faktanya, ternyata ada Game Dev Club asli yang presidennya, Takao, menuntut mereka untuk membubarkan klubnya. Terjadilah persaingan seru, dan entah mengapa malah berakhir dengan kedua klub tetap berjalan. Game Dev Club (yang palsu) berganti nama menjadi Game Dev Club (Temp). Bahkan setelah peristiwa itu, Takao malah jatuh cinta dengan Kazama dan sering mengunjungi Game Dev Club (Temp).


Lika-liku mereka tak hanya di ruang klub. Sebagai contoh, ada momen dimana Kazama Party diculik oleh kelompok berandalan Fourteen Orchestra of Evil. Para cewek Game Dev Club (Temp) pun beraksi menyelamatkan mereka dengan jurus-jurus elemental maut mereka.

Nama karakter yang unik

Yap, ini berdasarkan analisis kecil saya sendiri. Saya menemukan beberapa nama karakter di sini yang sangat sesuai dengan elemen yang mereka punya.
Dalam nama Shibasaki Roka, saya tidak menemukan kecocokan kanji. Namun, jika mengabaikan kanji, kata Shi bisa berarti kematian, cukup sesuai dengan elemen kegelapan Roka.
Dalam nama Karasuyama Chitose, kanji pada Yama memiliki arti "gunung" yang sesuai dengan elemennya, yaitu tanah. Dalam bahasa Jepang sendiri Chi juga bisa berarti bumi / tanah, meski beda kanji dengan namanya.
Dalam nama Mizukami Sakura, kanji pada Mizu memiliki arti "air" yang sesuai dengan elemennya.


Characters

Kazama Kenji
VA: Konishi Katsuyuki


Pemimpin dari geng berandalan terkenal yang bernama Kazama Party. Bersama dua temannya, Nagayama dan Yokoshima, mereka ingin menjadi berandalan sejati. Namun, Kazama malah terjebak dalam Game Dev Club dan kegiatan-kegiatannya yang konyol dan tidak masuk akal.



Shibasaki Roka
VA: Hanazawa Kana



Ketua dari Game Dev Club (Temp). Roka punya wajah yang moe sekali. Serangan andalannya adalah mempengaruhi perasaan musuh dengan ekspresi moe-nya. Dia memiliki dua elemen, yaitu api dan kegelapan. Serangan kegelapannya sangat ditakuti, yaitu menutup kepala seseorang dengan tas kantungnya, sehingga mereka tidak bisa melihat. Meski moe, Roka cukup ditakuti dan dikenal sebagai "secret ruler of the school". Entah mengapa... Juga, Roka tampaknya punya ketertarikan khusus dengan Kazama.

Karasuyama Chitose
VA: Saito Chiwa


Anggota dari Game Dev Club (Temp) dan merupakan ketua OSIS di sekolah. Chitose terkenal dengan sifatnya yang kejam dan menakutkan. Karena itu dia ditakuti oleh banyak murid, terutama murid laki-laki. Chitose yang ekspresinya selalu bikin saya takut ini mempunyai elemen tanah. Entah bagaimana dia menyerang, bisa dengan seember pasir, batu, atau apapun.



Mizukami Sakura
VA: Takahashi Mikako



Anggota dari Game Dev Club (Temp) yang tampaknya paling cewek. Yap, dia adalah favorit saya. Selain wajahnya yang cantik, dia juga murah senyum. Namun, jangan salah. Sakura yang elemennya adalah air punya serangan yang cukup menakutkan. Bayangkan jika dia memaksa satu galon air masuk ke tenggorokanmu, maka kamu akan mati...

Takao
VA: Itou Shizuka



Ketua dari Game Dev Club yang ASLI. Dia pernah protes kepada Game Dev Club (Temp) untuk menutup klubnya. Roka yang awalnya bergabung dengan klub asli pun dianggap pengkhianat olehnya. Namun, banyak hal terjadi dan kini tampaknya kedua klub itu berjalan baik-baik saja. Bahkan, Takao malah tertarik dengan Kazama. Takao kini juga sering mengunjungi Game Dev Club (Temp) Takao rupanya cukup populer, bahkan di kalangan berandalan dan geng-geng di luar sekolah sekalipun.



Oosawa Minami
VA: Koshimizu Ami



Guru penasehat dari Game Dev Club (Temp). Meski begitu, dia malah tampak seperti anggota klub. Minami-sensei mempunyai elemen petir. Serangannya adalah menggunakan sebuah stun gun untuk melumpuhkan lawan. Duh, guru macam apa ini?

Kawahara Ataru
VA: Fukuyama Jun


Teman Kazama yang merupakan wakil ketua OSIS di sekolah. Dia adalah saingan berat Chitose. Ataru tampaknya adalah seorang masochist. Ekspresinya seringkali terlihat lebai di anime ini. Kehadiran karakter inilah yang sangat saya sukai di D-Frag!.

Shiou Hachi
VA: Miyata Kouki

Anggota cowok dari Game Dev Club (Temp) yang baru muncul akhir-akhir ini. Dia punya ketertarikan dengan Roka yang moe hingga terus mengejar-ngejarnya. Roka pun takut dengan Shio. Shio malah membuat sebuah kompetisi yang hadiahnya adalah tas kantung milik Roka.


Funabori
VA: Toyosaki Aki

Cewek yang benar-benar cewek di kelas Kazama. Dia sangat terampil dalam memasak dan membersihkan ruangan, sehingga menjadi nominasi cewek yang paling ingin dinikahi di sekolah. Bahkan, tas kantung Roka yang telah ia cuci kini menjadi hadiah dalam kompetisi yang dibuat Shiou. Para peserta cowok pun berusaha mati-matian memperebutkannya.

Nagayama Hiroshi dan Yokoshima
VA: Matsuda Kenichirou dan Gotou Hiroki




Nagayama dan Yokoshima adalah teman Kazama dan Ataru sejak dulu. Bersama Kazama, mereka adalah geng berandalan yang disebut Kazama Party. Meski begitu, saya ragu apakah mereka bisa disebut berandalan. Masalahnya, dengan tampilan sangar mereka, tampaknya mereka tidak menakutkan sama sekali. Nagayama, sesuai dengan namanya (nagai + yama), dia dijuluki Long Mountain. Yokoshima, cowok berbadan pendek ini seringkali terlihat memakan snack.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Red Utopia - Hataraku Maou-sama! - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - edited by Kresna