Posted by : Unknown 3 Agu 2013

Free!


Kalau anime tentang renang ga ada ya tokoh-tokohnya perempuan (-_- haha)? Yang kita temukan di Free! adalah 5 orang remaja SMA laki-laki yang pada hobi renang. Ini bukan boys love lo, meskipun mengandung cukup banyak fanservice buat perempuan. Lalu kenapa saya nonton ini? Alasannya ceritanya bagus dan saya tidak pernah melewatkan KyoAni.
Arti dari Free di sini bukanlah "Gratis", melainkan freestyle, gaya berenang Haruka. Kekonyolan para anggota Iwatobi Swim Club bisa membuat saya tertawa. Terutama Haruka yang maniac banget sama renang. Setiap ada air langsung nyebur saja. Juga para laki-laki di Free! mempunyai nama yang berbau wanita. Kata mereka sih itu takdir LOL.
Dimulai dari kisah 4 anak SD bersahabat yang doyan renang. Saat SMP mereka berpisah, saat SMA mereka reunited, meski Rin satu-satunya yang beda SMA. Rin yang kembali dari Australia menjadi angkuh. Tiga sahabat yang lain bersama Kou/Gou, adik Rin, membuat klub renang di SMA Iwatobi dengan tujuan agar mereka bisa berenang bersama Rin di turnamen. Satu member baru bernama Ryuugazaki bergabung. Meski genius dan tampan, ia tidak bisa berenang.


Kamisama no Inai Nichiyoubi
Hari Minggu Tanpa Dewa



Dewa mengabaikan dunia di hari Minggu. Akibatnya tidak ada manusia yang lahir dan mati. Ai adalah gadis kecil yang merupakan seorang Gravekeeper. Suatu hari seorang laki-laki misterius yang bernama Hampnie Hambart datang dan membunuh semua orang di desa. Hal ini membuat Ai sedih dan marah. Laki-laki itu menyuruh Ai untuk mengubur penduduk desa pada 47 kuburan yang telah Ai gali.
Rasanya nonton Kaminai ini sepi dan sunyi sekali. Awalnya suasananya mirip dengan seri Ef. Familiar sekali dengan suara childish Ai, karena seiyuu-nya adalah yang menyuarakan Yui, sang gitaris Houkago Tea Time K-ON!.

Kitakubu Katsudou Kiroku
Lika-liku Klub Pulang



Di Jepang ada istilah "kitakubu" yang artinya "klub pulang". Istilah ini digunakan untuk menyebut murid-murid yang tidak ikut kegiatan klub setelah pulang sekolah, alias habis sekolah langsung pulang. Namun bagaimana jadinya jika klub yang bernama kitakubu itu benar-benar ada dan memilik ruangan?
Natsuki dan Karin adalah dua murid kelas 1 SMA yang bergabung di klub itu. Tak seperti Karin, Natsuki seringkali kebingungan dengan keadaan di sana yang tidak normal. Membernya yang sudah senpai ada 3, Botan yang kuat, Claire yang terlalu kaya, dan Sakura yang fuutsu.
Komedi pada Kitakubu ini sulit dimengerti. I could barely laugh. Kalau menurut saya malah lebih bagus Aiura.

Hyperdimension Neptunia The Animation
aka. Choujigen Game Neptune The Animation


Character designer dari Neptunia ini sama dengan yang mendesain karakter Date A Live, yaitu Tsunako. Jadi model-modelnya sama. Menurut saya Neptunia ini biasa sih.
Dunia yang bernama Gamindustri ini dipimpin oleh 4 Goddess, yaitu Neptune, Noire, Blanc dan Vert. Setelah sekian lama hidup dalam pertempuran, kini keempatnya bersepakat untuk hidup damai. Suatu hari Neptune menyadari jika kepercayaan rakyat kepadanya telah berkurang, menyebabkan energi Share-nya menurun. Untuk itu ia berguru kepada Noire untuk menjadi Goddess yang baik. Di saat yang sama musuh yang mengincar para Goddess beraksi.

Gin no Saji
Sendok Perak



Gin no Saji bertema tentang peternakan. Meski begitu cerita yang disuguhkan sangat menarik dan konyol.
Hachiken memilih bersekolah di sekolah peternakan hanya karena ia tidak harus pulang ke rumah dan bisa tetap tinggal di asrama. Ia pun sadar jika ia satu-satunya yang tak punya tujuan masa depan. Ia juga kesulitan dengan lingkungan peternakan yang membingungkan.
Anime ini menurut saya sangat lucu. Misal di episode 1 Hachiken takut makan telur ayam gara-gara itu keluar dari kloakanya ayam yang menurutnya menjijikkan. Namun akhirnya ia sadar jika telur itu lezat sekali.

Inu to Hasami wa Tsukaiyou
Anjing dan Gunting



Harumi Kazuhito adalah seorang penggemar buku. Ia merupakan penggemar berat dari seorang pengarang buku yang bernama Akiyama Shinobu. Suatu hari ia menyelamatkan seorang wanita dari sebuah perampokan di cafe. Namun akibatnya Harumi terbunuh. Ketika bangun, Harumi bereinkarnasi menjadi seekor anjing. Seorang wanita yang pernah diselamatkannya saat perampokan menjadikannya peliharaannya. Wanita itu sangat sadis, selalu menyiksa Harumi dengan gunting. Ternyata wanita itu adalah Akiyama Shinobu, pengarang yang sangat digemari Harumi.
Saya belum pernah menemukan cerita yang seperti ini. Inu to Hasami sangat original. Tenang, anime ini tidak ada violence. Malahan isinya hanya kekonyolan antara Harumi dan pemiliknya.

Danganronpa: Kibou no Gakuen to Zetsubou no Koukousei - The Animation
Danganronpa: Akademi Harapan dan Murid SMA Keputusasaan



Nuansa Sword Art Online dan BTOOOM! kembali. Kali ini aksi "kill for your freedom" terjadi di sebuah SMA.
15 orang murid SMA yang mempunyai bakat dan kemampuan luar biasa terjebak dalam Hope Peak Academy. Kepala sekolahnya adalah sebuah boneka beruang sadis yang bernama Monokuma. Monokumo membuat aturan yang sadis. Untuk dapat keluar, mereka harus membunuh salah satu temannya. Jika pelakunya tidak ketahuan, maka ia bebas dan murid lain dihukum mati. Jika pelakunya ketahuan, maka dia yang dihukum mati.
Di Danganronpa, jika setelah terjadi pembunuhan akan ada survey TKP dan anilisis pelaku yang disebut Class Trial. Di sinilah pelaku akan ditebak. Eksekusinya pun unik sekaligus sadis. Misalnya ditembak dengan ribuan bola hingga mati oleh mesin. Sebenarnya saya kurang suka dengan chara design-nya. Selain itu darah di Danganronpa disensor jadi warna pink, menyebabkan hawa thriller-nya berkurang.

Uchouten Kazoku
Keluarga Aneh


Tidak banyak yang bisa saya tangkap dari ini. Perfektur Kyoto dihuni oleh 3 jenis makhluk, yaitu manusia, tanuki, dan tengu. Tanuki adalah makhluk semacam racoon yang bisa berubah wujud menjadi sesuai keinginannya. Tengu adalah makhluk yang bisa terbang sesuai kehendaknya.

Kiniro Mosaic
Mosaik Warna Emas



Omiya Shinobu pernah mengikuti homestay di Inggris. Di sana ia berteman dengan Alice, seorang gadis dari keluarga yang rumahnya ditinggali Shinobu. Awalnya Alice sangat pemalu. Namun akhirnya ia sangat dekat dengan Shinobu. Alice tidak menguasai bahasa Jepang. Ketika SMA, Shinobu mendapat sebuah surat dari Alice. Di surat itu Alice mengatakan jika ia akan datang ke Jepang.
Yang saya temukan di sini adalah cute girls. Komedi dan slice of life-nya cukup bagus.

Rozen Maiden (2013)


Terdapat 7 boneka yang bernama Rozen Maiden. Boneka itu dibuat oleh pembuat boneka yang bernama Rozen. Masing-masing dari 7 boneka itu mempunyai sebuah Rosa Mystica. Mereka semua saling bertarung satu sama lain memperebutkan Rosa Mystica dari boneka lain dalam pertarungan yang disebut Alice Game. Boneka yang mengumpulkan 7 Rosa Mystica akan terlahir sebagai Alice. Dalam anime ini seorang anak bernama Jun Sakurada menjadi master dari Shinku, boneka ke-5. Mereka harus menghentikan boneka ke-7 , Kirakishou, sebelum ia menjadi Alice.
Kira-kira begitu ceritanya, entah kalau salah. Nuansa Rozen Maiden sangat misterius, seperti Another. Dulu Rozen Maiden pernah tayang tahun 2004. Saya belum pernah nonton, jadi tidak tahu ceritanya sama atau beda.

Kami nomi zo Shiru Sekai: Megami-hen
aka. The World God Only Knows III: Goddesses


Keima Katsuragi Sang God of Conquest kembali beraksi. Season 3 TWGOK ini akan menceritakan tentang Megami-hen atau Goddess Arc. Meski saya sudah baca manganya tetapi enjoyment melihat animenya tetap.
Ceritanya kelanjutan dari arc Tenri. Sang Goddess yang berada di tubuh Tenri, Diana, meminta tolong kepada Keima untuk mencari lima saudara Goddess-nya yang lain. Mereka semua bersembunyi pada wanita-wanita yang telah ditakhlukkan Keima sebelumnya, mulai Ayumi, Chihiro, dll. Keima tidak tahu wanita mana yang disinggahi para Goddess dan ia harus memberi energi cinta yang cukup untuk membebaskan sang Goddess. Serunya, wanita yang disinggahi Goddess mempunyai ingatan tentang ketika Keima menakhlukkan mereka... Di saat yang sama Vintage, para iblis pendukung neraka lama, telah bergerak untuk menangkap para Goddess.

Watashi ga Motenai no wa Dou Kangaetemo Omaera ga Warui!
Aku tidak populer bagaimanapun kupikir itu adalah salah kalian!

Tomoko Kuroki adalah gadis yang telah menghabiskan masa SMP-nya mengisolasi diri di rumah. Selama itu ia memainkan banyak sekali otome game. Ia ingin mengubah hidupnya di masa SMA. Namun ternyata kehidupan di SMA tidak semudah yang ia bayangkan. Ia tak memiliki seorang teman pun.
Kasian sekali Tomoko. Kalau nonton Watamote ini seperti menertawakan kesengsaraan orang lain. Tomoko ini sangat parah dalam hal bersosialisasi. Ia tidak bisa berbicara kepada orang diluar keluarganya.
Saya shock banget ketika melihat opening-nya Watamote. Benar-benar gila.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Red Utopia - Hataraku Maou-sama! - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - edited by Kresna