Posted by : Unknown 29 Sep 2013


"The water is alive. Once you dive in, it will immediately bare its fangs and attack. But, there's nothing to fear. Don't resist the water. Thrust your fingers into the surface and carve an opening. Then you slide your body through that opening. Moving your arms, your head, your chest..."

Setelah Chuunibyou dan Tamako Market, pada summer 2013 Kyoto Animation memproduksi sebuah anime bertema sport dengan judul Free!. Tema sport yang diambil anime ini adalah renang. Sudah, ga ada moe moe lagi (>_<), sayonara Rikka dan Tamako..


Lazimnya, yang suka anime ini pastinya kaum perempuan. Tentu Free! dengan tema renangnya dipenuhi dengan fanservice yang memukau untuk kalangan perempuan. Dan tak main-main, ini dari KyoAni. Sudah tahu kan kualitas artwork dari studio yang satu ini?

Tapi cuma karena banyak chara laki-laki yang memamerkan dada dan six pack di Free! bukan berarti kaum laki-laki tidak boleh nonton. Lagipula ini bukan shoujo, apalagi yaoi -_-. Saya pun nonton karena saya tidak pernah melewatkan Kyoto Animation.

Jangan hanya melihat luarnya. Cerita di anime ini tidak hanya berisi renang, renang, renang dan renang. Di sini kita akan menemukan sebuah slice of life, yang mana berisi cerita tentang persahabatan dan persaingan. Terkadang tingkah laku para anggota Klub Renang Iwatobi juga bisa membuat tertawa.

Yang unik lagi dari Free! adalah nama chara laki-laki yang semuanya mirip nama perempuan. Haruka, Nagisa, Makoto, Rei, Rin, wth. Kalau kata Nagisa sih itu takdir mereka sebagai aktivis renang.

Saya sangat suka dengan story progress anime ini. Endingnya sangat bagus dan unexpected.

OH MY GOD...!

Info dari myanimelist:

Information
Type: TV
Episodes: 12
Status: Finished Airing
Aired: Jul 4, 2013 to Sep 25, 2013
Producers: Kyoto Animation, Lantis, Animation Do, Iwatobi High School Swimming Club
Genres: Comedy, School, Sports, Slice of Life
Duration: 24 min. per episode
Rating: PG-13 - Teens 13 or older
Statistics
Score: 8.01 (scored by 26405 users)
Ranked: #428

Oyogimashou!



Saat SD, Haruka, Rin, Makoto, dan Nagisa adalah sahabat yang sangat suka berenang. Mereka memenangkan turnamen dan mengubur piala mereka di halaman SD. Mereka berjanji untuk menggali piala itu lagi suatu saat. Saat SMP, mereka berpisah ke jalan masing-masing. Rin menghadiri sekolah berenang di Australia.

Setelah tiga tahun, tibalah saat SMA mereka. Haruka, Makoto, dan Nagisa bersekolah di SMA Iwatobi. Ketika mendengar berita SD mereka akan ditutup, ketiganya memutuskan untuk mengunjunginya di malam hari. Mereka terkejut ketika mereka bertemu Rin yang juga mengunjungi tempat itu. Namun tak seperti dulu, Rin menjadi angkuh dan kasar. Ia bahkan membuang piala mereka saat SD, berkata jika ia sudah tidak membutuhkannya.

Kini Rin telah kembali ke Jepang dan bersekolah di sekolah khusus laki-laki, SMA Sametsuka. Tentu Haruka, Makoto dan Nagisa heran atas sifat Rin yang berubah. Suatu hari mereka menyelinap ke kolam renang sekolah Rin. Mereka bertemu Rin di sana. Rin menantang Haruka untuk balapan berenang dan dalam pertandingan itu Rin menang.

Haruka dan kawan-kawan menutuskan untuk menghidupkan kembali Klub Renang Iwatobi agar mereka bisa mengikuti kompetisi dan berenang bersama Rin. Gou, adik Rin dan Rei Ryuugazaki yang newbie ikut bergabung. Terbentuklah kembali klub renang itu dan mereka semua berlatih untuk menghadapi kompetisi.



Di kompetisi Rin berhasil mengalahkan Haruka. Namun apa itu membuatnya puas? Ternyata Rin belum merasa puas. Haru pun merasa bimbang mengapa ia menyesali kekalahannya dengan Rin. Bukankah ia hanya berenang karena ingin berenang?



Jawabannya adalah di episode terakhir. Baik Rin maupun Haruka hanya ingin berenang bersama. Di kompetisi selanjutnya Haruka, Rin, Nagisa, dan Makoto berenang relay kembali, seperti saat mereka SD. Mereka menemukan jawaban mengapa mereka berenang.

Characters

Haruka Nanase
VA: Nobunaga Shimazaki


Freestyle swimmer (gaya bebas)
Haruka adalah anggota klub renang yang paling maniac renang. Ketika dia melihat air di mana saja, dia akan selalu nekad untuk berenang. Meski tampak tenang, Haruka akan melakukan apapun agar dia dapat berenang. Haruka jarang sekali berekspresi. Namun ia sangat peduli dengan teman-temannya. Haruka hanya mau berenang dengan gaya bebas/freestyle.

Rin Matsuoka
VA: Mamoru Miyano



Rin adalah teman satu SD Haruka, Makoto dan Nagisa. Ketika SMP ia pindah ke sekolah renang di Australia. Kini ia kembali ke Jepang, menghadiri SMA Sametsuka. Sejak kembali dari Australia sifatnya berubah. Ia menjadi angkuh dan kasar. Ia mempunyai rivalitas yang tinggi dengan Haruka.

Makoto Tachibana
VA: Tatsuhisa Suzuki


Backstroke swimmer (gaya punggung)
Makoto adalah teman dekat Haruka dan sama-sama kelas 2 SMA. Sifatnya tenang dan dewasa. Lalu apa lagi ya? Sepertinya dia yang paling tinggi badannya dari anggota klub renang. Makoto berenang dengan gaya punggung.

Nagisa Hazuki
VA: Tsubasa Yonaga



Breaststroke swimmer (gaya dada)
Nagisa adalah murid kelas satu, sama seperti Rei dan Gou. Sifatnya sangat periang, antusias, dan sedikit childish (mungkin?). Nagisa berenang dengan gaya dada.

Rei Ryuugazaki
VA: Daisuke Hirakawa


Butterfly stroke (gaya kupu-kupu)
Rei bergabung dengan klub renang setelah melihat keindahan Haruka ketika berenang. Ia adalah tipe analitis dan selalu menurut pada teori. Pada awalnya ia tidak dapat berenang. Namun akhirnya ia menyadari kalau ia bisa berenang dengan gaya kupu-kupu.

Gou Matsuoka
VA: Watanabe Akeno


Gou adalah Adik Rin. Ia sekelas dengan Nagisa. Meski namanya Gou, dia lebih suka dipanggil Kou. Untuk membantu Haruka dan yang lain membentuk klub renang, Gou bergabung sebagai anggotanya dan ia bertindak sebagai manager. Gou selalu kagum ketika ia melihat tubuh cowok yang indah.
Heheh, dia kan anggota klub renang juga. Kenapa ga ikut renang ya?

Music

Opening theme:
"Rage on" oleh OLDCODEX

Ending theme:
"SPLASH FREE" oleh STYLE FIVE (Nobunaga Shimazaki, Tatsuhisa Suzuki, Mamoru Miyano, Tsubasa Yonaga, Daisuke Hirakawa)
"EVER BLUE" by STYLE FIVE (hanya ep 12)

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. Baru nonton kmrin, secara ga sengaja ketemu animenya. Padahal mau nonton Jack Frost, tapi malah nyasar ke anime ini. seneng bgt ama ceritanya. Mengharukan, pokoknya kisah persahabatan yang bagus. Kira2 ada rekomendasi cerita yang bagus lagi ga?

    BalasHapus

- Copyright © 2013 Red Utopia - Hataraku Maou-sama! - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - edited by Kresna