Posted by : Unknown 17 Jan 2014


Prologue


SMA Ousai baru saja menjadi sekolah umum. Sebelumnya, SMA ini adalah SMA khusus perempuan. Di tahun pertamanya sebagai sekolah co-ed, tentunya belum banyak murid laki-laki yang masuk. Tsuda Takatoshi memutuskan untuk masuk ke sekolah itu karena satu alasan, bukan alasan dia ingin harem atau apa, tapi karena dekat dengan rumahnya.

Di hari pertamanya, dia dihadang oleh seorang cewek yang menegurnya karena seragamnya yang tidak rapi. Dialah Amakusa Shino, ketua OSIS di SMA Ousai. Terjadilah percakapan aneh dan tidak wajar karena pikiran-pikiran Shino yang berisi hal mesum. Selain itu datanglah dua orang cewek lagi, Shichijou Aria dan Hagimura Suzu.

How it all started
Suzu yang bertubuh kecil dianggap anak kecil oleh Takatoshi. Suzu yang sebenarnya adalah bendahara OSIS pun marah, mengatakan jika dia berumur 16, datang dari luar negeri, lancar berbahasa Inggris, punya IQ 180, dan bisa melakukan perhitungan 10 digit dalam tidurnya. Sementara itu Aria sang sekretaris OSIS yang tampak seperti figur normal dan feminin datang "menyelamatkan" Takatoshi dari keadaan itu. Namun, rupanya dia sama saja dengan Shino, selalu berpikiran mesum.

Secara tak terduga, saat itu juga Shino mengajak Takatoshi untuk menjadi anggota OSIS dan menunjuknya sebagai wakil ketua. Menurut Shino, SMA Ousai yang baru saja jadi sekolah umum butuh anggota OSIS laki-laki untuk bisa memberi pandangan dari sudut pandang laki-laki. Dan... dimulailah kisah lucu, unik, dan luar biasa dari anggota OSIS dan murid-murid di SMA Ousai. Inilah Seitokai Yakuindomo!


We love Ousai! We are SYD!

Haha.. Itu lirik dari lagu opening SYD season pertama. Seitokai Yakuindomo season pertama tayang pada musim panas tahun 2010. Season pertama ini terdiri dari 13 episode. Kemudian sekuelnya adalah OVA yang tayang sedikit demi sedikit, dimulai pada tahun 2011. Hingga kini sudah ada 8 episode dari OVA ini, yang episode 9-nya (episode terakhir) akan tayang Mei 2014 nanti. Saat ini, di musim dingin 2014 ini tayanglah season keduanya dengan judul Seitokai Yakuindomo*.

Derita Suzu yang bertubuh kecil
Seitokai Yakuindomo (Indonesia: Anggota Pengurus OSIS), atau disingkat SYD saja, adalah anime komedi yang cukup legendaris. Menurut saya SYD ini lucunya sekelas Nichijou. Oh, dan komedi yang dimiliki SYD ini jauh berbeda dengan komedi-komedi yang lain. Why?


Joke-joke yang bisa ditemukan di SYD adalah dirty jokes. Karakter-karakter di sini banyak yang tidak waras dan selalu berpikiran aneh-aneh. Namun, dirty jokes di sini bukan berarti lelucon-lelucon parah yang kelewat batas. Menurut saya pribadi, ini masih lelucon yang normal.

What happens in Ousai Academy?

Matahari terbit di awal tahun baru (OVA episode 8)
Di awal tadi saya sudah menceritakan awal cerita SYD sekaligus sedikit gambarannya. Tentunya, SYD akan berfokus pada kehidupan keempat orang tersebut (Takatoshi, Shino, Suzu, Aria) dalam menjalankan tugasnya sebgai pengurus student council alias OSIS. Mereka semua bekerja keras, menanggapi pendapat murid, mengatur klub-klub di Ousai, dan menegakkan peraturan, tetapi... Shino sang ketua dan Aria kerap kali berkata yang aneh-aneh akibat pikiran mesum sesat mereka. Saat itulah Takatoshi dan Hagimura yang normal sibuk mengoreksi mereka.

Hata Ranko, sang ketua klub koran
Meski fokusnya adalah apa yang dilakukan keempat pengurus OSIS tersebut, sangat banyak karakter-karakter lain yang sering terlibat dan membuat cerita ini makin lucu. Itulah yang sangat saya sukai dari SYD. Mereka pun bukanlah karakter-karakter yang sekali datang dan pergi, tetapi akan terus muncul seiring berjalannya cerita. Masing-masing karakter pun punya keunikannya sendiri-sendiri.

Yang pertama akan dikenalkan Mitsuba Mutsumi. Di awal cerita, teman sekelas Takatoshi ini meminta izin OSIS untuk membuat klub Judo. Nantinya dia adalah ketua klub judo. Kemudian dikenalkan juga Hata Ranko, sang ketua klub koran. Dia selalu mengintai apapun dan siapapun yang menarik, di manapun dan kapanpun. Semua hasil jepretan kameranya bisa jadi berita yang normal ataupun aneh.


Ada juga Yokoshima Naruko-sensei. Guru bahasa Inggris sekaligus pembina OSIS ini juga suka berpikiran mesum. Dia juga suka berburu lelaki muda, dan murid-murid cowok pun bisa jadi korbannya. Ada juga Igarashi Kaede sang ketua komite kedisiplinan. Selalu disiplin dan giat menegakkan peraturan di Ousai, tetapi rupanya dia fobia terhadap laki-laki. Haha.. SMA Ousai yang berubah jadi SMA umum laki-laki - perempuan merupakan bencana baginya.


Ada juga Tsuda Kotomi. Dia adalah adik perempuan Takatoshi yang masih SMP. Nantinya dia akan masuk ke Ousai. Karena masih masa pubertas, dia juga sering berpikiran mesum. Di Ousai, Kotomi punya teman cewek yang bernama Toki. Dia adalah berandalan yang berpenampilan semaunya, tetapi dia sangat clumsy. Toki yang berpikiran normal dan matang sering kewalahan dengan pikiran mesum Kotomi.


Beberapa tokoh yang lain adalah Todoroki Nene, sang ketua klub penelitian robot yang suka membuat alat-alat terlarang. Lalu ada Dejima Sayaka. Maid keluarga Shichijou ini sering muncul juga di SYD.


Suzu bisa menghafal nama lengkap tokoh sejarah dan melakukan perhitungan dengan cepat

Characters


Beberapa karakter di SYD. Wow, apakah ini sebuah harem bagi Takatoshi?
Yep, yang saya suka dari Seitokai Yakuindomo adalah jumlah karakternya yang banyak. Semua karakter di sini unik dan lucu. Rasanya tidak lengkap jika salah satu dari mereka tidak ada. Berikut adalah deskripsi lebih lengkap dari setiap karakter di SYD.

Tsuda Takatoshi

Wakil ketua OSIS di SMA Ousai. Diantara para anggota OSIS, Takatoshi ini termasuk yang berpikiran normal selain Suzu. Terkadang dia merasa annoyed dengan Shino atau Aria, tetapi dia sudah biasa. Dialah yang mengoreksi Shino, Aria, dan karakter lain bila mereka berkata yang aneh-aneh.


Amakusa Shino


Ketua OSIS SMA Ousai. Sebagai ketua OSIS, dia selalu bekerja keras untuk kepentingan para murid di Ousai, seperti mengatur klub-klub, menerima saran, dan membuat peratuan. Sayangnya, Shino selalu berpikiran mesum. Segala hal normal dan logis akan jadi tidak beres di pikirannya.

Shichijou Aria

Sekretaris di OSIS SMA Ousai dan teman dekat Shino. Dia berasal dari keluarga yang kaya raya. Dia punya sifat yang lembut dan feminin. Sekilas tampak normal dan dewasa, tetapi sebenarnya dia sama saja dengan Shino, sama-sama berpikiran mesum.


Hagimura Suzu


Bendahara OSIS SMA Ousai. Cewek genius dengan IQ 180 ini pernah bersekolah di luar negeri. Dia menguasai lima bahasa (Inggris, Itali, Spanyol, Jepang, ...) dan bisa melakukan perhitungan 10 digit dalam tidurnya. Selain Takatoshi, Suzu ini juga termasuk anggota OSIS yang berpikiran normal. Kelemahannya adalah tubuhnya yang kecil dan pendek. Dia sangat sensitif terhadap hal ini. Orang-orang sering salah menganggapnya anak kecil, yang membuat Suzu marah.

Tsuda Kotomi

Kotomi adalah adik perempuan Takatoshi. Di awal cerita dia masih murid SMP. Dia masuk ke SMA Ousai dengan alasan yang sama dengan kakaknya, yaitu dekat dengan rumahnya. Kotomi ini, seperti kata kakaknya, masih dalam masa pubertas. Karena itu omongan dan pikirannya kerap kali menjurus ke hal-hal yang tidak beres, karena itu juga dia cepat akrab dengan Shino.


Mitsuba Mutsumi


Ketua dari klub judo. Di awal cerita dia mengajukan permohonan untuk membentuk klub judo ke OSIS. Setelah terbentuk, dialah yang jadi ketua. Dia sangat ahli dalam pertarungan judo. Bahkan di episode pertama season kedua dia bisa mengalahkan Toki yang cukup tangguh.

Hata Ranko

Dia adalah ketua dari klub koran. Ke manapun dia pergi, dia selalu membawa kamera. Katanya kamera itu sudah seperti bagian tubuhnya sendiri. Dia selalu siap untuk mengambil gambar kapanpun dan di manapun. Biasanya dia mengambil gambar ketua student council dan anggota lainnya untuk bahan berita. Hehe.. Entah kenapa wajah Hata ini agak menyeramkan, seperti psycho.


Igarashi Kaede


Kepala dari komite kedisiplinan. Dia selalu menjalankan tugasnya untuk menegakkan peraturan di SMA Ousai dan menegur siapapun yang melanggarnya. Sayangnya dia punya satu kelemahan. Dia mendetita fobia (ketakutan) terhadap laki-laki. Tentu SMA Ousai yang kini jadi sekolah umum adalah bencana baginya. Ckck...

Todoroki Nene

Ketua klub penelitian robot. Dia adalah teman dekat Suzu. Sesekali Suzu mengunjungi ruang klubnya. Kegiatannya di klub adalah membuat berbagai robot dan alat, seperti robot anjing, ular, dan lain sebagainya. Dan selain itu, dia juga suka membuat alat ....err... apa ya? Nonton saja SYD kalau ingin tahu deh.


Toki


Teman akrab Kotomi. Biasa dipanggil sebagai Tokky. Toki ini adalah cewek delinquent alias berandalan yang selalu berpenampilan semaunya. Meski begitu, sebenarnya dia cewek yang clumsy. Misalnya, di season 2 ini dia sering memakai baju dengan terbalik. Selain itu dia selalu berpikiran normal dan matang, seperti Takatoshi dan Hagimura.

Yokoshima Naruko

Guru bahasa Inggris di SMA Ousai yang menjadi pembina OSIS. Meski pembina, dia jarang sekali terlihat di ruang OSIS. Selain suka berpikiran mesum, dia suka sekali berburu laki-laki muda. Murid-murid pun tak mustahil jadi korbannya. Oh my...


Uomi


Ketua OSIS SMA Eiyou. Pertama kali muncul ketika dia mengunjungi OSIS SMA Ousai untuk saling bertukar pikiran. Kini dia jadi teman Shino dan yang lain. Dia juga sering datang di berbagai acara yang diadakan Ousai.

Dejima Sayaka

Pelayan di keluarga Shichijou. Sangat terampil dalam berbagai pekerjaan, hingga dia juga yang menyetir mobil dan mengantar Aria. Sangat loyal dan protektif kepada Aria. Hobinya adalah memakai sesuatu bekas Aria, misalnya air mandinya. Terkadang pikiran Dejima juga menjurus ke hal-hal yang tidak beres.

{ 2 komentar... read them below or Comment }

- Copyright © 2013 Red Utopia - Hataraku Maou-sama! - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - edited by Kresna