Posted by : Unknown 7 Des 2013



Nyanpasu~ Sebuah cerita yang bagus tidak harus diwarnai dengan konflik dan permasalahan yang besar. Cerita yang bagus juga bisa berasal dari potongan kecil kehidupan kita. Dan potongan kecil itu tidak harus berasal dari tempat yang kompleks seperti kota. Namun, cukup berasal dari sebuah desa yang sunyi.

Non Non Biyori (のんのんびより), sebuah judul yang aneh, lucu, sekaligus tidak jelas. Entah apa arti dari judul tersebut dan entah mengapa ditulis menggunakan hiragana. Kalau kanji 日和 (biyori) sendiri artinya adalah "cuaca".




Anime ini berlatarkan di Desa Asahigaoka. Hotaru Ichijou adalah murid kelas lima yang baru pindah ke sekolah di desa itu dari Tokyo. Selain Hotaru sekolah itu hanya memiliki empat murid, yaitu Renge Miyauchi (kelas 1) dan tiga bersaudara Koshigaya: Natsumi (kelas 7), Komari (kelas 8), dan Suguru (kelas 9). Meski berada di tingkat yang berbeda, mereka berlima berada di kelas yang sama. Guru yang mengajar mereka adalah Kazuho Miyauchi, kakak perempuan Renge.

Menikmati sakura mochi di bawah pohon sakura (ep 1)
Hotaru harus beradaptasi dengan kehidupan di desa yang sangat-sangat berbeda dengan di Tokyo. Dia melakukan banyak hal bersama teman-temannya. Di hari pertamanya, Hotaru diajak berkunjung ke rumah Renge. Di sana Renge memperlihatkan tanuki peliharaannya. Di hari berikutnya teman-teman Hotaru mengajaknya ke sebuah pohon sakura yang sangat indah untuk menikmati sakura mochi mereka di sana.

Banyak hal lain yang mereka lakukan sehari-hari. Ada momen dimana Kazuho-sensei mengajak mereka menanam di sawah. Ada momen dimana Natsumi dan Komari kabur dari rumah setelah Natsumi bertengkar dengan ibunya. Hampir semua yang mereka lakukan dibumbui hal-hal konyol yang membuat saya tertawa.


Saking kecilnya, Komari bisa diangkat Hotaru
Komari yang kelas 8 mempunyai tubuh yang kecil bila dibandingkan dengan Hotaru dan Natsumi yang lebih muda. Akibatnya ia dipanggil Koma-chan, bukan karena namanya, tetapi karena tubuhnya yang kecil (komai = kecil). Hotaru sangat gemas dengan senpai-nya ini. Ia menganggap Komari sebagai sosok yang imut. Natsumi sering mempermainkan Komari karena tubuhnya yang kecil. Utamanya memperlakukannya seperti anak-anak yang selalu membuat Komari marah. Namun faktanya memang Komari sangat penakut dan sifatnya seperti anak kecil.

Ada juga bagian-bagian yang sulit digambarkan. Terkadang terkesan cute dan mungkin juga sedikit menyentuh. Yang paling saya suka adalah ketika liburan musim panas Renge berkenalan dengan gadis seumurnya yang bernama Honoka. Honoka datang dari kota untuk berlibur selama musim panas. Setiap hari Renge bermain dengannya, mengunjungi berbagai tempat di desa itu. Suatu hari mereka berjanji akan mengunjungi air terjun keesokan harinya. Namun, ketika esoknya Renge mengunjungi Honoka, ia telah pulang ke kota. Renge pun menangis. Ketika melihat Renge menangis, saya ikut kasihan dan tersentuh.



Renge dan Honoka bermain bersama di musim panas.
Ketika Honoka pulang, Ren-chan menangis... kasihan
Oh, bagaimana dengan Suguru? Karakter yang satu ini sangat unik. Dia jarang sekali muncul dan ia tak pernah sekali pun berbicara karena memang dia tidak punya seiyuu. Menurut saya, Suguru adalah sosok yang tenang dan misterius. Dalam hubungannya dengan kedua adiknya dia juga benar-benar bisa disebut big bro.


Sosok seorang kakak laki-laki
Intinya, Non Non Biyori ini membuat saya tenang ketika menontonnya. Tidak butuh konsentrasi tinggi. Selain itu pemandangan-pemandangan pedesaan di sini sangat indah.


Beberapa pemandangan di episode 1

Pemandangan aki

Characters


Hotaru Ichijou

Koma plushie
Murid kelas 5 yang pindah dari Tokyo ke Asahigaoka. Meski baru kelas 5, penampilan dan tubuhnya seperti orang dewasa. Dia sangat meyukai Komari karena badannya yang kecil dan menurutnya imut. Saking sukanya, dia sering membuat boneka Komari.




Renge Miyauchi

Murid kelas 1 di sekolah Asahigaoka. Karena masih kelas satu, tentunya Renge punya sifat dan sikap sebagaimana anak-anak. Ini karakter yang paling saya suka di NNB.

Natsumi Koushigaya

Yang termuda dari Koushigaya bersaudara. Dia berada di kelas 7. Natsumi sering sekali mempermainkan kakaknya (Komari) yang ukuran tubuhnya lebih kecil darinya. Natsumi punya sifat pemalas dan suka usil.

Komari Koushigaya

Kakak Natsumi yang berada di kelas 8. Dia sangat penakut dan sering bertingkah seperti anak kecil tanpa disadarinya. Apalagi dengan tubuhnya yang kecil orang-orang sering mengiranya sebagai anak-anak. Dia ingin menjadi lebih dewasa, baik dalam sikap maupun penampilan.



Suguru Koushigaya

Yang tertua dari Koushigaya bersaudara. Dia berada di kelas 9. Suguru ini jarang terlihat. Terkadang dia terlihat bersama Natsumi dan Komari, juga dengan murid-murid lainnya ketika sedang melakukan kegiatan. Dia sangat jarang berbicara. Ketika bicara pun suaranya tidak pernah terdengar karena karakter ini tidak punya seiyuu.

Kazuho Miyauchi

Kakak perempuan Renge yang merupakan guru di sekolah. Dia lebih suka tidur dan membiarkan para muridnya belajar sendiri.

Kaede Kagayama

Pemilik toko permen di desa Asahigaoka. Terkadang dia mengeluh karena tokonya selalu sepi. Sesekali Renge, Natsumi, dan yang lain mengunjungi toko ini. Kaede meskipun orangnya datar, dia cukup baik. Dia pernah membolehkan Renge menonton TV di tokonya dan mengantarnya pulang.

Music



Opening: "Nanairo Biyori (なないろびより)" by nano.RIPE

Ending: "Non Non Biyori (のんのん日和)" by Miyauchi Renge (VA: Kotori Koiwai), Hotaru Ichijou (VA: Rie Murakawa), Natsumi Koshigaya (VA: Ayane Sakura) & Komari Koshigaya (VA: Kana Asumi)

{ 2 komentar... read them below or Comment }

  1. On going nonton season repeat bareng si kecil yg masih kelas 2 SD. Anime yg cocok untuk anak SD perempuan. Anak laki mungkin nggak akan begitu suka karena ceritanya cenderung kehidupan cewek

    BalasHapus
  2. Main dong https://www.yukinoshita.web.id/2022/04/arti-kata-nyanpasu-di-anime-non-non.html

    BalasHapus

- Copyright © 2013 Red Utopia - Hataraku Maou-sama! - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - edited by Kresna