Posted by : Unknown 3 Nov 2013

Musim gugur ini ada anime supernatural yang diproduksi oleh Kyoto Animation. Anime ini berjudul Kyoukai no Kanata. Anime ini diadaptasi dari light novel dengan judul yang sama karangan Nagomu Torii. Saya adalah KyoAni addict, jadi langsung tonton saja biarpun masih sibuk kuliah, ospek, PKM dan MKU sampai sekarang.

Kyoukai no Kanata (境界の彼方)
English     : Beyond the Boundary
Indonesia : Di Balik Batas
Judul lain  : Beyond the Horizon
Episode   : 13
Season     : Fall 2013 (sedang tayang)
Studio      : Kyoto Animation
Genre      : slice of life, supernatural

Bagi saya Kyoukai no Kanata adalah sebuah anime yang spektakular. Melalui adaptasi sebuah light novel, Kyoukai no Kanata mengusung sebuah cerita supernatural yang unik. Apalagi dengan kualitas grafik dari Kyoto Animation yang khas dan tidak diragukan lagi.

The Story




Di suatu sore, Kanbara Akihito melihat seorang gadis berkacamata hendak melompat dari atas gedung sekolah. Tanpa berpikir panjang, Akihito langsung pergi ke atas gedung untuk menyelamatkan sang gadis. Namun, secara tak terduga, gadis itu malah menusuk Akihito dengan sebuah pedang tepat di jantungnya. Begitulah awal pertemuan Akihito dengan gadis berkacamata yang bernama Kuriyama Mirai.

Mirai bukanlah gadis biasa. Di antara para clan Spirit Hunter (pemburu roh, disebut juga Spirit World Warrior), clan Kuriyama dianggap yang paling terkutuk karena kekuatannya mengendalikan darah. Pedang yang Mirai gunakan saat itu terbuat dari darahnya sendiri. Karena dianggap terkutuk, itulah yang menyebabkan Mirai ingin mengakhiri hidupnya.

Sedangkan Akihito adalah setengah manusia setengah youmu. Ia mempunyai kekuatan immortal atau dengan kata lain ia tidak bisa mati dan dapat pulih dari luka dengan cepat. Karena itu, ia tidak mati meski ditusuk Mirai. Kelemahan Akihito adalah dia masih bisa merasakan sakit. Menurutnya, tusukan Mirai di jantungnya terasa sangat menyakitkan.


Moe vs Money, so kawaii >_<
Stelah kejadian di atas gedung sekolah, dimulailah kisah di antara keduanya. Mirai seringkali menusuk Akihito untuk latihan dalam menghadapi youmu, toh Akihito tidak bisa mati, begitu menurut Mirai. Selama ini Mirai tidak pernah memburu youmu karena ia menyembunyikan kekuatan terkutuknya. Namun, setelah pertemuannya dengan Akihito, segalanya mulai berubah. Bahkan Mirai memberanikan diri melawan Hollow Shadow, tipe youmu yang dianggap sangat kuat dan berbahaya.





Di sekolah Akihito punya dua teman yang sama-sama Spirit Hunter dan anggota klub sastra, Nase Mitsuki dan kakaknya, Nase Hiroomi. Kedua Nase bersaudara ini cukup misterius. Mitsuki tampak selalu dingin dan tidak punya teman. Hiroomi punya siscon dengan Mitsuki. Keluarga Nase yang sangat besar sangat berpengaruh dengan hal-hal yang berkaitan dengan youmu dan Spirit Hunter.

Mirai merasa terisolasi dan selalu menyendiri bukan hanya karena kekuatannya, tetapi karena ia pernah membunuh orang dengannya. Setelah mengetahui fakta jika Akihito pernah hampir membunuh Hiroomi ketika sisi youmu-nya mengamuk, Mirai menyadari jika ia tidaklah sendiri. Mitsuki dan Hiroomi pun mulai menerima Mirai setelah ia bergabung dengan klub sastra.

The world beyond the boundary





Di dunia Kyoukai no Kanata yang supernatural, Spirit Hunter (disebut juga Spirit World Warrior) adalah orang-orang yang memburu dan memusnahkan youmu dengan kekuatan tertentu.


Youmu disebut juga dengan shade atau dreamshade adalah makhluk yang hanya bisa dilihat oleh orang-orang dengan kekuatan supernatural. Di Kyoukai no Kanata, youmu dianggap berasal dari perwujudan perasaan negatif manusia.

Tidak semua youmu berbahaya dan jahat. Ayaka Shindo dan Ai Shindo adalah youmu yang memiliki sebuah toko untuk "menilai" youmu yang dikalahkan para Spirit Hunter. Maksudnya?



Saat youmu berhasil dikalahkan, ia akan berubah menjadi semacam batu. Spirit Hunter bisa membawa batu ini ke seorang appraiser seperti Ayaka untuk diperiksa, dan tergantung dari kekuatan youmu yang dikalahkan itu, Spirit Hunter akan memperoleh bayaran berupa uang.

Saat Spirit Hunter bertarung dengan youmu, lingkungan sekitar mereka bisa hancur karena ikut terkena serangan-serangan mereka. Damage tersebut bisa dipulihkan dengan memanggil cleaner.

Mirai, the bespectacled beauty




Bagi Akihito yang punya fetish meganeko (glasses girl), Mirai adalah sosok gadis yang sangat cantik.



Mirai punya kemampuan blood bending atau mengendalikan darahnya. Di tangannya terdapat luka yang disembunyikan dengan perban. Dia bisa membuat pedang dan benda-benda lain dari darahnya. Kelemahan Mirai, jika terlalu sering menggunakan kekuatannya, ia akan terkena anemia atau kekurangan darah.


Kekuatan Mirai tak hanya itu. Cincin yang ada di tangan mirai digunakan untuk membatasi kekuatannya. Apabila dilepas, maka siapapun yang menyentuh darahnya akan hancur dan menguap. Bahkan Akihito yang immortal tak bisa dijamin selamat dari kekuatan sebenarnya dari darah Mirai. Kekuatan ini menyebabkan clan Kuriyama dianggap terkutuk dan anggotanya dibantai. Mirai-lah satu-satunya anggota clan yang tersisa.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Red Utopia - Hataraku Maou-sama! - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - edited by Kresna