Posted by : Unknown 20 Des 2013

"The shade beyond the horizon - a coalescence of human malice that they say could lead the world to ruin - ..."

Fuyukai desu~ Bagi yang menonton anime ini tentu sudah tahu dengan kata-kata itu. Yup, itu adalah kata-kata yang sering diucapkan karakter utama di anime ini, Mirai Kuriyama, yang artinya how unpleasant.

Kyoukai no Kanata adalah anime dari Kyoto Animation dengan genre supernatural. Yang menjadi kunci di anime ini adalah keberadaan dua makhluk: Youmu dan Spirit Hunter.

Youmu atau Dreamshade bisa dianggap sebagai hantu yang timbul dari emosi negatif manusia. Mereka punya berbagai wujud dan kekuatan yang bisa membawa dampak pada manusia. Di antara para manusia, ada mereka yang memiliki kekuatan supernatural yang disebut Spirit Hunter atau Spirit World Warrior. Merekalah yang bertarung melawan para Youmu.

Awalnya, menurut saya Kyoukai no Kanata adalah anime yang simpel, hanya mengikuti character development dan transformasi dari Mirai Kuriyama yang terisolasi menjadi normal karena seorang Akihito. Sebagai pelengkap, ditambahlah unsur supernatural di anime ini. Karakter-karakter dengan berbagai kekuatan dan pertarungan-pertarungan melawan Youmu. Dengan kualitas Kyoto Animation, tentu ini menjadi sangat spektakuler.



Sejak menonton episode ke-10, saya baru menyadari jika Kyoukai no Kanata lebih kompleks dari yang saya kira. Ternyata terdapat rahasia besar yang selama ini tersembunyi dari berbagai karakter sejak di awal cerita. Siapa sangka pula akan ada kejutan scene yang cukup menyentuh di perjalanan menjelang akhir cerita ini?

Desain karakter dari Kyoukai no Kanata tidaklah berbeda dengan anime-anime Kyoto Animation sebelumnya. Cara menggambar matanya ya begitu. Model-model wajahnya ya begitu. Mirai Kuriyama, karakter berkacamata merah ini merupakan daya tarik dalam anime ini. Menurut saya, mungkin Mirai adalah karakter berkacamata terbaik yang pernah saya tahu. Awalnya saya mengagumi karakter ini. Namun, sejak kemunculan Sakura Inami, semuanya berubah. Saya lebih suka sosok Sakura yang keren, datar, misterius, dan pendiam.

Story


Their first meeting
Cerita ini berawal ketika seorang remaja SMA yang bernama Akihito Kanbara menyelamatkan seorang gadis berkacamata yang bernama Mirai Kuriyama ketika ia hendak melompat dari atas gedung sekolah. Akihito adalah seorang setengah manusia setengah Youmu yang mempunyai kekuatan immortal (tidak bisa mati). Mirai adalah seorang Spirit Hunter yang mempunyai kekuatan untuk mengendalikan darahnya sendiri.



Di klub sastra sekolahnya, Akihito mempunyai dua orang teman. Mereka adalah Mitsuki Nase dan kakaknya, Hiroomi Nase. Keluarga Nase merupakan keluarga Spirit Hunter yang mempunyai pengaruh besar terhadap hal yang berkaitan dengan Spirit Hunter. Entah mengapa Mitsuki memperingatkan Akihito unutk menjauhi Mirai. Meski begitu, Akihito tetap saja mendekatinya.


Sesosok Youmu, perwujudan emosi negatif manusia
Mirai adalah seorang Spirit Hunter yang takut untuk membunuh Youmu. Ini disebabkan karena kekuatan darah dari klan Kuriyama dianggap terkutuk. Bahkan Mirai pernah membunuh seseorang di masa lalu dengannya. Dengan itu semua Mirai merasa tidak bisa menjalani kehidupan normal dan ingin Akihito menjauhinya, tetapi Akihito terus mendekatinya. Karena Akihito, Mirai pun perlahan berubah menjadi lebih baik. Baginya, Akihito membuatnya merasa menjadi orang normal.

Versus Sakura

Pada akhirnya Mirai bergabung dengan klub sastra. Dia pun menjadi teman Mitsuki dan Hiroomi juga. Namun, rupanya ketegangan mulai muncul. Ada seorang gadis bernama Sakura Inami yang mengejar-kejar Mirai untuk membunuhnya. Dia adalah adik dari Yui Inami yang pernah dibunuh Mirai di masa lalu. Menurut Mirai, Sakura ingin membalaskan dendamnya kepada Mirai. Bahkan Sakura menjadi murid baru di kelas Mirai untuk mengejarnya. Apakah yang akan dilakukan Mirai?


Sementara itu muncul pula sosok misterius di keluarga Nase. Dia adalah Izumi Nase, Spirit Hunter yang merupakan kakak Mitsuki dan Hiroomi. Selain itu muncul pula Miroku Fujima, seorang pria dari Spirit Hunter Association. Di episode awal-awal, baik Izumi maupun Miroku Fujima ini sangat terselubung dan tidak diketahui baik dan buruknya. Namun, sepertinya mereka punya sesuatu yang disembunyikan. Semua itu mungkin berkaitan dengan Akihito, Mirai, dan yang lainnya.

Nagi (Lull / Calm) yang menyebar ke seluruh kota

Puncak cerita anime ini dimulai di episode ke-8, ketika sebuah fenomena besar yang disebut Nagi (Lull / Calm) muncul. Nagi ini terus menyebar di seluruh Kota Nagatsuki yang menurut Izumi merupakan pertanda akan sesuatu yang bernama Kyoukai no Kanata atau Beyond the Horizon. Selama terjadi Nagi para Youmu akan melemah. Intinya, sesuatu yang besar sedang menanti Akihito, Mirai, dan yang lainnya di sana.




Characters

Mirai Kuriyama

Mirai adalah seorang Spirit Hunter. Klan Kuriyama dianggap terkutuk karena kekuatan darahnya. Karena merasa terisolasi, dia mencoba untuk bunuh diri. Mirai punya kemampuan untuk mengendalikan darah, dan darahnya bisa menghancurkan apapun yang menyentuhnya. Cincin yang ia gunakan merupakan pemberian keluarga Inami yang berfungsi untuk menahan kekuatan penghancuran darahnya.

Akihito Kanbara

Akihito adalah setengah manusia setengah youmu. Dia punya kemampuan immortal atau tidak bisa mati. Meski begitu, dia tetap merasakan rasa sakit ketika terkena sesuatu. Dia punya fetish terhadap kacamata.

Mitsuki Nase

Teman Akihito di sekolah sesama anggota klub sastra. Mitsuki adalah seorang Spirit Hunter yang berasal dari keluarga Nase. Selama ini dia selalu mengamati Akihito. Dia mempunyai youmu peliharaan yang bernama Potato.

Hiroomi Nase

Teman Akihito di sekolah dan merupakan kakak Mitsuki. Dia juga anggota klub sastra dan tentu saja berasal dari keluarga Nase. Hiroomi adalah sister complex yang sangat terobsesi dengan imoutonya alias Mitsuki. Keinginannya adalah dipanggil dengan onii-chan oleh Mitsuki. Sayangnya Mitsuki hanya memanggilnya dengan aniki.


Sakura Inami

Sakura adalah saudara dari Yui Inami. Tak seperti Yui yang Spirit Hunter, Sakura hanyalah manusia biasa. Hal ini membuatnya iri dengan Yui dan Mirai. Ia ingin menjadi Spirit Hunter. Setelah kematian Yui, ia bermaksud untuk membalaskan dendamnya kepada Mirai yang telah membunuh Yui. Senjata yang dia gunakan adalah pemberian dari Miroku Fujima. Sakura boleh memilikinya dengan syarat dia harus membunuh Mirai.


Ayaka Shindou dan Ai Shindou



Ayaka adalah youmu yang memiliki wujud asli serigala raksasa. Ia memiliki toko yang digunakan untuk memeriksa nilai youmu yang telah dikalahkan. Toko itu juga merupakan studio foto. Ai adalah teman Akihito di sekolah yang tinggal bersama Ayaka. Ia adalah youmu berwujud asli kucing. Di toko itu ia membantu Ayaka.



Izumi Nase

Kakak Mitsuki dan Hiroomi. Seorang Spirit Hunter yang sangat kuat. Selalu terlihat dingin. Sangat misterius.

Miroku Fujima

Orang dari Spirit Hunter Association. Sepertinya ia punya rahasia dan hubungan dengan Izumi. Entah apa itu.

Music

Opening: "Kyoukai no Kanata (境界の彼方)" by Minori Chihara
Ending: "Daisy" by STEREO DIVE FOUNDATION

Minori Chihara - Kyoukai no Kanata (Single)

Track List:
01 Kyokai no Kanata
02 NO LINE (image song)
03. Fountain of mind (Limited Edition)
03 Kyokai no Kanata -off vocal-
04 NO LINE -off vocal-

Download di anime-mp3.com

STEREO DIVE FOUNDATION - Daisy (Single)

Track List (All Type):
01 Daisy
02 Two divided Rainbow
02 Push me into circles
03 Daisy (Instrumental)

Download di anime-mp3.com

{ 5 komentar... read them below or Comment }

  1. Keren Reviewnya, Tidak Membocorkan Cerita Dan Tema Blognya Juga Keren, Mirai Everywhere XD Terimakasih, Ini Kali Pertama Saya Lihat Blog Seperti Ini.

    BalasHapus
  2. ada berapa episode dan season anime ini?

    BalasHapus
  3. apa ada movienya juga?
    sorry banyak nanya
    soalnya suka banget sama anime ini
    mohon jawab yaa

    BalasHapus

- Copyright © 2013 Red Utopia - Hataraku Maou-sama! - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - edited by Kresna