Posted by : Unknown 18 Jan 2014

"The history of evolution in the past 38 billion years  was achieved through choices"

Hidup adalah pilihan. Segala sesuatu yang kita lakukan adalah kita sendiri yang memilihnya. Kita bebas menentukan pilihan di hidup kita. Namun, apa jadinya jika pilihan di hidup kita sudah ditentukan dan harus kita pilih layaknya soal multiple choices alias pilihan ganda? Itulah yang dialami Amakusa Kanade, karakter utama dalam anime ini.

Judul anime ini adalah Ore no Nounai Sentakushi ga, Gakuen Love Comedy wo Zenryoku de Jama Shiteiru, biasa disingkat menjadi Noucome atau Noukome. Judul tersebut bila diartikan ke bahasa Inggris adalah My Mental Choices Are Completely Interfering With My School Romantic Comedy. Saat ini anime ini adalah anime dengan judul terpanjang yang pernah saya tonton.
Story

Karakter utama di anime ini adalah Amakusa Kanade, seorang murid di SMA Seikou. Dia menderita sebuah kutukan yang disebut Absolute Choice, yang mana kutukan ini akan muncul sewaktu-waktu. Jika itu terjadi, Kanade harus memilih diantara dua atau lebih pilihan yang muncul di depannya. Jika tidak segera memilih, maka dia akan merasakan rasa sakit di kepalanya. Namun, yang jadi masalah di sini adalah pilihan-pilihan tersebut seringkali tidak normal. Misalnya, ketika Kanade menemukan majalah dewasa tergeletak di taman, akan muncul 2 pilihan:
a) tempelkan wajahmu di majalah itu
b) makan majalah itu


Kutukan Absolute Choice
Pain!
Pilihan-pilihan yang tidak normal seperti itu selalu muncul di hidup Kanade dan membuat hidupnya berantakan. Akibatnya, dia termasuk dalam kelompok Reject Five di sekolahnya, yaitu lima murid paling aneh dan tertolak. Selain Kanade, ada teman sekelasnya yang bernama Yukihira Furano. Sifatnya yang datar dan dingin, ditambah cara bergaulnya yang aneh menyebabkan Yukihira juga termasuk Reject Five. Lalu ada juga Yuuouji Ouka. Cewek ini juga termasuk Reject Five karena sifatnya yang selalu ceria dan melakukan apa saja yang dia mau.



Sebagai kebalikan dari Reject Five adalah kelompok Popularity Five, yaitu lima murid terpopuler di sekolah. Salah satu anggotanya adalah Yawakaze Konagi, teman Yuuouji yang baik hati dan imut. Ada juga Kokubyakuin Seira sang ketua OSIS dan Reikadou Ayame sang gadis kaya raya.

1: A beautiful girl falls from the sky
2: Gondo Daiko-san (tetangga Kanade yang gendut)  falls from the sky


Di suatu sore, kutukan itu datang dan salah satu pilihannya adalah seorang gadis cantik jatuh dari langit. Kanade memilihnya dan hal itu benar-benar terjadi, seorang gadis cantik pun jatuh dari langit. Kemudian, seseorang yang mengaku sebagai dewa menelepon Kanade. Sang dewa mengatakan jika gadis tersebut dia kirimkan kepada Kanade untuk membantunya menghilangkan kutukan yang dideritanya. Masalahnya gadis tersebut lupa ingatan, sehingga tidak bisa banyak membantu Kanade. Gadis itu diberi nama Chocolat oleh Kanade.

Telepon dari dewa -_-

Sang dewa menambahkan jika cara untuk menghilangkan kutukan tersebut adalah dengan menyelesaikan misi-misi yang dikirimkan ke ponselnya. Kanade harus bisa menyelesaikan misi tersebut sebelum batas waktu yang ditentukan. Jika gagal sekali saja, maka kutukan itu tidak akan pernah hilang. Dan misi pertama Kanade adalah... membuat Yukihira Furano tertawa.


Tentu hal ini tak mudah. Yukihira selalu datar dan tak pernah tertawa, dipersulit dengan sikapnya yang dingin kepada Kanade. Namun, siapa sangka misi ini malah membawa Kanade untuk mengetahui rahasia sebenarnya dari Yukihira? Bagaimanakah cara Kanade memenuhi misi ini?


Itulah yang akan menjadi jalan cerita Noucome, yaitu seorang Kanade yang berjuang memenuhi misi-misi demi menghilangkan kutukan itu dari hidupnya. Misi-misi itu pun terkadang hampir mustahil untuk dipenuhi, misalnya melihat pantsu milik Yawakaze.


Ada juga bagian cerita yang sangat keren, yaitu ketika pertarungan Reject Five melawan Popularity Five diatas panggung. Saat itu misi Kanade adalah membuat semua perempuan yang berpartisipasi mengatakan "aku menyukaimu" kepada Kanade. Almost impossible sepertinya. Namun, tentu Kanade tak akan menyerah begitu saja. Berbagai cara mulai dari yang lucu, serius, hingga sedikit drama akan kita temukan di sini.



Impression



Bagaimana ya? Saya sangat menikmati 10 episode dari Noucome ini. Meski anime dengan nuansa harem seperti ini sudah banyak, tetapi Noucome punya gaya yang berbeda dan unik. Konsep cerita dengan kasus Absolute Choice seperti ini sangat jarang atau bahkan belum ada. Mungkin anime ini terinspirasi dari visual novel.


Hal lain yang bisa saya beri nilai plus di Noucome adalah karakter-karakter perempuannya. Ada empat karakter perempuan di sini yang sangat saya sukai: Yukihira, Yuuouji, Chocolat, dan Yuragi. Mereka semua so kawaii, lucu, dan menggemaskan. Para penonton yang menyukai karakter perempuan manis pasti akan menyukai anime ini.


Kemudian, meski hanya 10 episode, banyak hal yang saya dapatkan di Noucome. Saya terkesan dengan Kanade yang menjalani lika-liku haremnya demi menghilangkan kutukan itu dari hidupnya. Bagaimana Absolute Choice muncul di saat-saat yang tak terduga juga membuat saya excited. Saat pilihan itu muncul, terkadang saya penasaran di saat itu juga. Mana yang akan Kanade pilih? Apa yang nanti bakal terjadi? Intinya, menonton Noucome ini sangat menyenangkan dan enjoyable bagi saya.

Prolog yang Inspiratif di episode pertama


Sejarah dipenuhi oleh berbagai pilihan, hingga berujung ke masa kita berada saat ini.

Bola lampu bisa ditemukan karena sebuah pilihan yang dibuat oleh ilmuan terdahulu.

Sebuah perang bisa dimenangkan karena manusia memilih untuk terus berjuang.

Seseorang akan mampu mengarungi dunia jika ia memilih untuk terus berjalan tanpa menyerah. 

Pesawat bisa ditemukan karena sang penemu tidak menyerah dan terus mencoba untuk terbang.

Characters

Amakusa Kanade

Karakter utama ini adalah seorang cowok SMA. Dia menderita sebuah kutukan yang disebut Absolute Choice. Kutukan ini sewaktu-waktu akan muncul dan Kanade harus memilih salah satu dari beberapa pilihan yang diberikan kepadanya. Jika tidak segera memilih, dia akan merasakan rasa sakit di kepalanya. Akibat pilihan ini, Kanade termasuk dalam anggota Reject 5, yaitu 5 murid teraneh di sekolah tersebut.


Chocolat


Cewek yang jatuh dari langit atas pilihan yang dibuat Kanade. Chocolat ini dikirimkan oleh dewa untuk membantu Kanade dalam menghilangkan kutukan yang ada pada dirinya. Sayangnya, dia datang dalam keadaan lupa ingatan. Yang dia lakukan hanyalah makan dan bermalas-malasan, hampir tidak membantu Kanade terkait dengan kutukannya. Dia menjadi murid di sekolah Kanade.
Jika kepala Chocolat terbentur, dia akan mendapatkan ingatannya kembali. Ketika itu terjadi, sifatnya akan berubah menjadi serius dan menghormati Kanade. Dia juga bisa membantu Kanade menghilangkan Kutukannya. Sayangnya, jika kepalanya terbentur lagi, dia akan lupa ingatan lagi.

Yukihira Furano

Teman sekelas Kanade yang juga termasuk Reject 5. Yukihira sangat pendiam dan selalu bermuka datar. Dia sangat suka mengata-ngatai Kanade dengan kata-kata kasar, seperti menyebutnya babi. Sebenarnya, Yukihira menyukai Kanade. Dia tidak dapat mengungkapkan perasaannya, dan jika berbicara dengan Kanade, dia selalu berkata hal-hal aneh tanpa disadarinya.


Yuuouji Ouka

Teman Kanade yang juga termasuk Reject 5. Yuuouji merupakan cewek yang selalu ceria dan banyak bertingkah. Dia selalu melakukan hal apapun yang dia mau. Sama seperti Yukihira, Yuuouji juga punya perasaan kepada Kanade.

Hakoniwa Yuragi

Teman masa kecil Kanade yang juga bersekolah di SMA Seikou. Dia memanggil Kanade dengan sebutan Onii-chan. Faktanya, Yuragi sangat suka menganggap orang lain sebagai kakak laki-laki atau kakak perempuannya. Dia sangat senang menjadi seorang imouto.


Utage

Guru di sekolah Kanade. Utage-sensei adalah mantan pengidap kutukan Absolute Choice, sama seperti Kanade. Dia mengerti tentang kutukan yang diderita Kanade. Kanade sering datang kepadanya untuk meminta saran. Namun, entah mengapa Utage-sensei merasa ada yang menghalanginya dari mengatakan sesuatu yang penting terkait kutukan tersebut.

Yawakaze Konagi

Teman dekat Yuuouji yang termasuk dalam Popularity 5. Dia punya sikap yang ramah dan baik hati kepada siapapun. Kanade sulit sekali berinteraksi dengannya karena Yawakaze mempunyai para penggemar yang akan menghajar siapapun yang berani menyentuh Kanade.


Kokubyakuin Seira


Inilah sang ketua OSIS yang merupakan peringkat satu dari Popularity 5. Dia selalu bersikap ramah kepada siapapun, termasuk Kanade. Namun, dia sangat misterius. Dia seakan menyembunyikan sesuatu disetiap sikap dan senyumannya. Tampaknya dia mengetahui tentang kutukan yang diderita Kanade dan entah apa hubungan antara Seira dengan kutukan itu. Tidak jelas apakah dia karakter jahat atau baik.

Reikadou Ayame

Salah satu anggota Popularity 5. Dia adalah cewek kaya raya yang dikagumi cukup banyak laki-laki. Tak sedikit laki-laki yang akan menuruti semua perintahnya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Red Utopia - Hataraku Maou-sama! - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - edited by Kresna