Posted by : Unknown 3 Apr 2013



Saya suka Tamako Market karena banyak hal: karakter yang kawaii, slice of life, buatan Kyoto Animation, dan setting tempat berdasarkan lokasi nyata.
Cerita Tamako Market berpusat pada seorang anak SMA bernama Tamako Kitashirakawa. Dia adalah putri tertua dari sebuah keluarga yang menjalankan toko mochi di daerah perbelanjaan Usagiyama, yaitu Toko Tamaya. Tamako yang kawaii suka sekali dengan yang namanya mochi. Ia dan adiknya, Anko Kitashirakawa (adiknya bikin saya gemes), membantu ayah mereka, Mamedai Kitashirakawa, untuk membuat kue mochi di tokonya.

Suatu hari, Tamako bertemu dengan seekor burung yang bisa bicara. Burung itu bernama Dera Mochimazzi. Dera datang dari pulau selatan dengan tujuan mencari tunangan untuk pangeran yang ada di pulau itu. Dera kebanyakan makan mochi di tempatnya Tamako, akibatnya ia menjadi gemuk dan sulit untuk terbang. Dera memutuskan untuk tinggal bersama Tamako untuk beberapa lama.



Tamako, Midori, Kanna, Mochizou, Dera


Sinopsis

Anime Tamako Market terdiri atas 12 episode yang mengisahkan kehidupan sehari-hari Tamako di Usagiyama. Di Usagiyama ada toko mochi lain selain milik ayah Tamako, yaitu Toko Oujiya milik Gohei Ouji.  Gohei mempunyai anak laki-laki yang bernama Mochizou Ouji. Mochizou menyukai Tamako dan mereka berada di sekolah yang sama. Mochizou selalu malu untuk mengungkapkan perasaannya ke Tamako. Karena sama-sama menjalankan bisnis mochi di tempat yang sama, ayah mereka adalah rival dan sering bertengkar, secara lucu pastinya.

Di sekolah, Tamako punya dua teman perempuan akrab yang bernama Midori Tokiwa dan Kanna Makino. Mereka berdua dan Tamako merupakan anggota klub baton (ga tau, pokoknya seperti tarian yang lempar-lempar tongkat). Ada juga anak perempuan lain yang bernama Shiori Asagiri, anggota klub badminton. Shiori sangat pemalu dan tidak punya teman. Namun, suatu hari dia bertemu Dera dan Dera mengajaknya ke rumah Tamako di Usagiyama. Karena diajak have fun oleh Tamako, ia tidak pemalu lagi. Ia berteman akrab dengan Tamako, Midori, dan Kanna.

Di Usagiyama sendiri ada beberapa penjual yang selalu muncul dalam cerita. Tamako dkk dan mereka yang mengisi episode-episode Tamako Market dengan cerita yang menghibur.
Setelah Dera tinggal bersama Tamako selama beberapa lama, datanglah Choi Mochimazzi. Choi adalah seorang peramal dari pulau selatan yang datang dengan tujuan mencari Dera. Karena Dera rusak, Choi memutuskan untuk juga tinggal beberapa lama di rumah Tamako. Dera rusak? Meskipun Dera burung, ia punya kemampuan untuk menjadi semacam proyektor yang memungkinkan dia untuk berkomunikasi dengan sang pangeran di pulau selatan.

Setelah waktu demi waktu dilalui Tamako dkk, Choi melihat "sesuatu" pada Tamako. Sesuatu itu adalah bau parfum Tamako dan tahi lalat di leher Tamako. Karena hal itu, Choi yakin kalau Tamako adalah tunangan dari pangeran pulau selatan. Choi memberitahukannya kepada Tamako dan hal ini membuat seluruh Usagiyama dan teman-teman Tamako geger. Ada yang bingung, sedih, dsb ketika mereka tahu kalau Tamako harus meninggalkan Usagiyama dan pergi ke pulau selatan untuk menikahi sang pangeran. Pada akhirnya, mereka semua merelakan Tamako untuk pergi. Mochizou yang suka Tamako bilang, di manapun Tamako berada dia akan ikut bahagia kalau Tamako bahagia.

Secara tak terduga, sang pangeran datang ke Usagiyama dari pulau selatan. Pangeran memperkenalkan diri sebagai Mecha Mochimazzi. Ia disambut oleh warga Usagiyama.

Endingnya, Tamako memutuskan untuk menolak menjadi tunangan pangeran. Ia tidak ingin meninggalkan Usagiyama karena Tamako punya banyak kenangan di Usagiyama. Sejak lahir, Tamako sudah tinggal di situ. Pangeran Mecha berkata kalau Tamako bukanlah tunangannya. Choi juga mengaku kalau dia belum melihat masa depan Tamako, jadi memang Tamako belum pasti tunangannya pangeran. Dera, Choi, dan pangeran berpamitan pada keluarga Tamako dan kembali ke pulau selatan. Secara tidak sengaja, Dera ketinggalan. Choi marah-marah dan Tamako memintanya agar Dera boleh tinggal sebentar lagi.

Jangkauan waktu di cerita Tamako Market cukup lama. Dari Tamako pertama bertemu Dera sampai endingnya kira-kira di cerita itu sudah berlangsung selama satu tahun.
Karakter yang paling saya suka ada dua: Anko dan Kanna. Saya suka Anko karena moe. Saya suka Kanna juga karena moe dan sifat, sikap dan gaya bicaranya unik.
Saya suka (musiknya) lagu opening Tamako Market yang berjudul Dramatic Market Ride, vocal Aya Suzaki (seiyuu Tamako).

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Red Utopia - Hataraku Maou-sama! - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - edited by Kresna