Posted by : Unknown 22 Apr 2013

"Friendship is the key to save the world."


Apakah ini Power Rangers?

Vividred Operation menceritakan seorang gadis bernama Akane Isshiki bersama teman-temannya yang berusaha mempertahankan Manifestation Engine, yang merupakan sumber energi utama bumi, dari serangan Alone, yaitu makhluk dari dunia lain yang bentuknya bermacam-macam. Modelnya Alone agak mirip seperti Angel pada Evangelion.

Beberapa hal yang saya suka dari Vividred Operation diantaranya: lagu openingnya, mengambil setting tempat di dunia nyata, penamaan karakter berdasarkan warna dan visual yang bagus.

Vividred Operation mengambil setting tempat di sebuah pulau di mana peradaban manusia sudah sangat maju. Di pulau itu terdapat sebuah pembangkit energi berteknologi tinggi yang bernama Manifestation Engine. Manifestation Engine ini adalah mesin buatan kakek Akane yang merupakan seorang profesor, Kenjirou Isshiki. Mesin itu merupakan sumber energi utama di bumi (mungkin semacam pembangkit listrik). Jika mesin itu rusak, maka semua peralatan di bumi yang memerlukan listrik akan mati.

Sinopsis

Manifestation Engine
Lima tahun yang lalu, Manifestation Engine lepas kendali dan menyebabkan kehancuran. Ibu Akane menjadi korban peristiwa ini dan ia harus dirawat di rumah sakit. Sejak saat itu, Akane dan adiknya, Momo, tinggal bersama kakeknya.

Di awal cerita dikisahkan Akane yang sedang mengantar koran menggunakan sepeda terbangnya. Hari itu teman Akane yang bernama Aoi Futaba akan tiba. Aoi sedang menuju ke tempat Akane menggunakan pesawat.

Kakek Akane membuat suatu penemuan berupa sebuah kunci yang dinamakan Vivid System. Kunci itu ia berikan kepada Akane. Katanya hanya Akane yang bisa menggunakan kunci itu. Karena eksperimen itu, kesadaran kakek Akane berpindah ke sebuah boneka berang-berang yang saat itu ada di laboratoriumnya. Tubuh kakek Akane yang asli di simpan di lemari es.

Tak lama setelah itu, terdengar berita kemunculan sebuah Alone yang akan menghancurkan Manifestation Engine. Pesawat yang dinaiki Aoi terkena serangan Alone dan Aoi dalam bahaya. Saat Aoi jatuh, Akane menyelamatkannya dan saat itulah kunci milik Akane berfungsi. Kunci itu mentransformasi Akane menjadi semacam magical girl bersenjata dengan baju merah. Baju ini dinamakan Palette Suit.

Aoi ingin membantu Akane dan ia juga mendapatkan kunci yang dapat mentransformasikannya menjadi magical girl bersenjata berbaju biru. Ia dan Akane berusaha mengalahkan Alone yang sangat kuat itu. Kenjirou memerintahkan Akane dan Aoi untuk docking (semacam fusion / bergabung). Akane dan Aoi gagal docking, karena Aoi masih menyembunyikan sesuatu dari Akane. Kunci agar docking dapat berhasil adalah persahabatan dan saling mengerti. Namun, setelah Aoi mengaku kepada Akane kalau ia tidak suka tomat, mereka berhasil docking menjadi Vivid Blue yang berhasil mengalahkan Alone.

Setelah kejadian itu, sekolah Akane dan Aoi hancur. Mereka terpaksa pindah ke sekolah baru. Di sana mereka bertemu dengan Wakaba Saegusa, seorang gadis ahli kendo. Pada awalnya Wakaba tidak menyukai Akane dan menantangnya duel kendo. Namun, ketika Alone menyerang, ia mau membantu Akane. Ia mendapat kunci yang memberinya Palette Suit berwarna hijau. Akane dan Wakaba dapat melakukan docking untuk menjadi Vivid Green.

Selain Wakaba ada juga Himawari Shinomiya, seorang gadis pecinta teknologi yang enggan bersosialisasi karena pernah dikhianati temannya. Sejak melihat sifat Akane yang menepati  janjinya, ia mau membantu Akane. Ia mendapat kunci yang memberinya Palette suit berwarna kuning. Akane dan Himawari juga dapat melakukan docking untuk menjadi Vivid Yellow.

Di kelas Akane, ada seorang gadis misterius bernama Rei Kuroki. Ia adalah gadis pendiam dan penyendiri. Ia memiliki kemampuan untuk menembakkan panah yang dapat memperkuat Alone. Ia berasal dari dunia lain yang telah hancur. Rupanya ia terikat kontrak oleh seekor gagak untuk menghancurkan Manifestation Engine agar dunianya yang hancur dapat kembali. Jika ia gagal, sering gagak itu menghukumnya. Akane dkk selalu mengajak Rei untuk berteman, tetapi Rei selalu menolaknya. Hingga akhirnya Rei mau berteman dengan Akane. Di saat ia dan Akane telah berteman, terungkaplah kalau Rei adalah orang yang selama ini memperkuat Alone dan Akane dkk adalah pelindung Manifestation Engine.

Rei ditangkap atas ulahnya dan ia kehilangan kepercayaannya pada Akane. Ia tidak lagi menganggap Akane sebagai teman. Akane dkk memutuskan untuk menyelamatkan Rei. Karena Akane berusaha sekuat tenaga untuk menyelamatkannya, Rei kembali mempercayai Akane sebagai seorang teman. Saat itu si burung gagak muncul. Dan terungkap jika dunia tempat Rei berasal telah hancur akibat Manifestation Engine yang hilang kendali. Karena itu ia membuat kontrak dengan gagak itu yang akan mengembalikan dunia Rei jika ia bisa menghancurkan Manifestation Engine. Gagak itu menganggap Rei telah gagal dan ia menelan Rei, lalu berubah menjadi monster gagak raksasa.



Dunia terancam hancur karena monster itu. Monster itu mengincar Manifestation Engine. Tujuannya menghancurkan Manifestation Engine karena umat manusia dinilai belum pantas untuk membuat teknologi setinggi itu. Akane berhasil menyelamatkan Rei dari gagak itu. Mereka docking dan menjadi Vivid Red. Vivid Red mengalahkan monster itu.

Endingnya, dunia tempat Rei berasal kembali. Rei berpamitan dengan Akane dkk dan ia kembali ke dunianya.

Characters

Salah satu hal yang saya suka dari anime ini adalah penamaan karakternya.



Akane Isshiki, gadis berambut merah yang merupakan cucu dari sang penemu Manifestation Engine. Hidupnya sederhana. Ia memiliki adik perempuan bernama Momo. Ia mempunyai Palette Suit merah dan senjatanya adalah Naked Rang, sebuah bumerang. Nama "Akane" berarti "merah" dalam bahasa Jepang dan "Isshiki" dapat berarti "satu".

Aoi Futaba, gadis berambut biru yang berasal dari keluarga kaya. Ia adalah teman dekat Akane sejak dulu. Ia mempunyai Palette Suit biru dan senjatanya adalah Naked Impact, sebuah palu besar. Ia dan Akane dapat melakukan docking dan menjadi Vivid Blue. Nama "Aoi" berarti biru dan "Futa" dalam "Futaba" berarti "dua".

Wakaba Saegusa, gadis berambut hijau yang ahli kendo. Teman sekelas Akane. Ia mempunyai Palette Suit hijau dan senjatanya adalah Naked Blade, sebuah pedang. Ia dan Akane dapat melakukan docking dan menjadi Vivid Green. Nama "Wakaba" berarti "daun muda" yang warnanya memang hijau. Sedangkan "Sae" dalam "Saegusa" berarti "tiga".

Himawari Shinomiya, gadis pecinta teknologi. Teman sekelas Akane. Ia mempunyai Palette Suit kuning dan senjatanya adalah Naked Collider, sebuah perisai. Ia dan Akane dapat melakukan docking dan menjadi Vivid Yellow. Nama "Himawari" berarti "bunga matahari" yang warnanya kuning. Sedangkan "Shi" dalam "Shinomiya" berarti "empat".

Rei Kuroki, gadis misterius berambut hitam (atau biru tua?). Ia selalu menyendiri dan merupakan gadis yangdapat memperkuat Alone. Ia dapat melakukan docking dengan Akane dan menjadi Vivid Red. "Kuro" dalam "Kuroki" berarti hitam. Sedangkan "Rei" berarti "nol".

Namun, ada juga hal yang menurut saya aneh:

Red + Blue = Vivid Blue
Red + Green = Vivid Green
Red + Yellow = Vivid Yellow
Red + Black = Vivid Red?

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Red Utopia - Hataraku Maou-sama! - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - edited by Kresna