Posted by : Unknown 17 Mei 2013


GJ-bu atau Good-job-bu menceritakan tentang kegiatan sebuah klub di suatu sekolah yang bernama Good Job Club. Klub itu mempunyai 5 member: Kyouya Shinomiya, Mao Amatsuka, Megumi Amatsuka, Shion Sumeragi, dan Kirara Berstein. Seiring berjalannya cerita, ada tambahan satu member lagi, yaitu Tamaki Kannadzuki. GJ Club merupakan klub tanpa tujuan jelas yang anggota-anggotanya sibuk dengan kegiatannya sendiri, seperti membaca komik, munum teh, makan daging, dan bermain komputer. Terkadang mereka melakukan hal aneh-aneh bersama.

Characters


Semua anggota GJ Club adalah tokoh utama dalam anime ini. Tiap tokoh punya karakter dan kebiasaannya masing-masing yang sangat penting dalam cerita.

Tokoh yang paling utama dari yang utama di anime ini adalah Kyouya Shinomiya yang merupakan satu-satunya anggota laki-laki di klub ini. Kyouya yang biasa dipanggil Kyoro kerap kali menjadi objek candaan anggota-anggota yang lain. Menghadapi candaan-candaan itu, Kyoro hanya bersikap pasrah. ia tidak pernah marah dan baik hati.

Mao Amatsuka adalah ketua dari GJ Club. Mao mempunyai tubuh yang pendek dan kecil, hampir mirip dengan Taiga Aisaka-nya Toradora!. Rambutnya panjang dan berwarna oranye. Mao mempunyai dua saudara perempuan, yaitu Megumi amatsuka dan Seira Amatsuka (Mao yang tertua). Mereka bertiga berasal dari keluarga kaya. Mao memiliki sifat kekanak-kanakan dan jika dia bad mood suka sekali menggigit Kyoro seperti harimau.

Megumi Amatsuka adalah adik dari Mao dan merupakan putri kedua dari keluarga Amatsuka. Meskipun lebih muda dari Mao, Megumi jauh lebih tinggi dari kakaknya. Megumi yang berambut pink ini mempunyai sifat yang halus dan dewasa, tidak seperti kakaknya. Menurut Kyoro Megumi itu seperti bidadari. Kegiatannya di GJ Club adalah selalu membuatkan teh untuk anggota-anggota yang lain. Ia sangat sensitif mengenai berat badannya.

Shion Sumeragi adalah anggota GJ Club yang sangat genius. Yang dilakukannya di GJ Club hanyalah bermain catur di komputer. Shion tidak pernah kalah, dan bahkan dia bisa mengalahkan grand master catur dunia dengan mudahnya. Yang lebih gila lagi, dia bisa memainkan empat permainan catur sekaligus dan memenangkan semuanya. Shion berasal dari keluarga yang genius dan high-end. Karena terbiasa dengan hidup kelas atas, Shion tidak biasa dengan kehidupan orang pada umumnya. Misalnya, ia tidak bisa cara makan mie instan. Shion langsung saja memakannya mentah-mentah dari bungkusnya tanpa memasaknya terlebih dahulu.

Kirara Bernstein adalah anggota GJ Club yang paling tinggi dan kuat. Kirara mempunyai darah lain selain darah Jepang. Yang dilakukannya di klub hanyalah duduk di sofa sambil makan daging yang jumlahnya sampai satu piring besar. Kirara bisa berbicara dengan kucing, bahkan ia lebih pandai berbicara dengan kucing daripada berbicara dengan manusia.

Tamaki Kannadzuki adalah anggota baru GJ Club yang baru bergabung di tengah-tengah cerita. Ia merupakan gadis bertubuh kecil dengan rambut hijau. Karakternya tergolong normal. Meski begitu dia juga berperan penting dalam menciptakan suasana komedi yang aneh dalam anime ini. Terkadang Tama bertengkar kecil dengan Mao di ruang klub. Sayang, kok Tama tidak ada gambarnya di cover...

Plot

GJ-bu sebenarnya tidak benar-benar mempunyai plot. Tepatnya antara punya dan tidak punya. Yang jelas, dari episode pertama sampai terkahir ceritanya nyambung dan bekelanjutan, meskipun random.
Karena yang diceritakan di GJ-bu adalah kegiatan anggota-anggota klub, maka setting tempat anime ini kebanyakan hanya berada di ruang klub itu. Sangat jarang menampilkan kegiatan di luar ruang tersebut. Hal ini membuat komedi yang ditampilkan agak membosankan.
Hal-hal lucu di sini banyak dibuat dari perilaku dan perkataan tokoh, bukan aksi-aksi lebai seperti di komedi gila semacam Nichijou atau Danshi Koukousei no Nichijou.
Kisah para anggota GJ Club ini ditutup dengan perpisahan anggota seniornya yang telah lulus, yaitu Mao, Kirara, dan Shion. Kyoro dijadikan ketua baru.

Artwork

Desain karakter dalam anime ini cukup bagus. Pertama memang kelihatan aneh, entah matanya atau yang lainnya. Namun, lama kelamaan bisa dianggap cocok dengan karakter masing-masing. Juga warna rambut tokoh yang berwarna-warni menambah kesan ceria anime ini. Yang paling saya suka dalam hal artwork adalah seragam sekolahnya yang berwarna hitam dan biru muda. Bagi saya ini salah satu seragam sekolah terbaik yang ada di anime.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Red Utopia - Hataraku Maou-sama! - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - edited by Kresna