Posted by : Unknown 30 Jun 2014

"I don't remember you at all. That probably means that you were my friend last week."
- Fujimiya Kaori -

Kutipan itu berasal dari Fujimiya Kaori, karakter utama di Isshuukan Friends. Aku sangat suka karena kata-kata itu unik dan lucu. "Aku tidak mengingatmu sama sekali. Itu mungkin berarti kau adalah temanku minggu lalu."

Isshuukan Friends berarti Teman Seminggu. Sesuai judulnya, anime ini mengisahkan tentang persahabatan yang waktunya dibatasi hanya satu minggu. Itulah yang dialami Fujimiya Kaori.

Fujimiya Kaori, murid perempuan berwajah datar yang selalu sendiri. Dia tidak mempunyai seorang teman pun dan memang tampak tidak punya keinginan untuk berteman dengan siapapun. Ketika istirahat, Fujimiya selalu pergi ke atap gedung sekolah untuk makan sendirian.


Keseharian Fujimiya di sekolah itu menarik perhatian Hase Yuuki yang selalu mengamatinya. Hase tertarik untuk berteman dengan Fujimiya. Ketika mencoba bicara dengan Fujimiya untuk pertama kali, Fujimiya menanggapinya dengan dingin. Fujimiya berusaha menghindari Hase, tidak mau berteman dengannya.


Hase tidak menyerah. Dia terus berusaha untuk berinteraksi dengan Fujimiya. Hingga ikut ke atap sekolah, menemani Fujimiya saat istirahat. Begitu setiap hari. Dan akhirnya, Fujimiya mulai membuka hatinya kepada Hase. Fujimiya mulai menunjukkan wajah tersenyum.


Namun, Fujimiya meminta Hase untuk melupakannya, karena Fujimiya juga akan melupakan Hase. Akhirnya Fujimiya memberitahu Hase tentang rahasianya. Setiap hari senin, Fujimiya akan kehilangan ingatan tentang teman-temannya, juga hal-hal menyenangkan yang Fujimiya habiskan bersama mereka. Karena itu ia tidak bisa berteman dengan siapapun.

Dan ketika Hase mencoba berbicara dengan Fujimiya di hari senin, sorot mata Fujimiya kembali dingin. Ia telah melupakan Hase. Hase kini paham sepenuhnya tentang masalah Fujimiya, dan ia tak menyerah.

"Fujimiya-san actually wants friends more than anyone. So I came to a decision, there and then. I'd say it as often as I had to."



Dan Hase pun mengatakannya lagi kepada Fujimiya, "I'd like for us to be friends!"

Setelah itu, Hase dan Fujimiya terus berteman. Meskipun sulit, mereka berdua tidak menyerah. Fujimiya mulai menulis buku harian agar ia tetap dapat mengingat yang ia lakukan bersama Hase.

Friends, friends, and friends

4 karakter utama: Hase, Fujimiya, Saki, dan Kiryuu

Yap. Keduabelas episode dari Isshuukan Friends. ini memiliki judul yang semuanya mengandung kata "tomodachi" (teman). Misalnya "Important Friend", "New Friends", dan "Fighting with Friend".

Selain Hase, Fujimiya akan dapat teman baru, yaitu Yamagishi Saki dan Kiryuu Shougo. Kiryuu awalnya merupakan teman dekat Hase. Saki adalah teman Kiryuu saat SD dan ingin menjadi teman Fujimiya.

Aku sangat menyukai anime ini. Selain karena sedikit berbau drama dan art-nya yang simpel dan menarik, juga karena benar-benar sebuah cerita yang terdedikasi tentang persahabatan. Isshuukan Friends. memang mengandung unsur romance, yaitu tentang hubungan Hase dengan Fujimiya dan juga Kiryuu dengan Saki. Tetapi yang benar-benar menjadi kunci dalam cerita ini tetaplah persahabatan.

Fujimiya Kaori - si kalem satu

Si kalem satu merupakan gelar yang diberikan salah seorang senpai-ku ke Fujimiya Kaori. Dan memang aku setuju juga. Suara Fujimiya di Isshuukan Friend benar-benar pas dan menyatu dengan sifatnya. Ini berkat VA-nya, yaitu Amamiya Sora.

Hase! Kamu apakan Fujimiya!?
Seiring berjalannya, di sini Fujimiya akan mulai bisa mengenal dan merasakan Hase meski ingatannya terus terhapus. Mungkin ini karena perasaan Fujimiya mulai berubah terhadap Hase? Yaitu dari teman menjadi cinta. Karena Fujimiya hanya melupakan temannya. Jika dia cinta atau musuh, pasti ingatan tentangnya tidak akan hilang dari Fujimiya.


Yang menarik lagi, meski Fujimiya punya sifat kalem, dia lumayan ahli dalam memberi harapan palsu atau tease. Salah satunya di episode pantai, gara-gara bicaranya putus-putus.
Fujimiya: "Hase-kun, watashi ne... suki da yo..." (Hase-kun, aku suka...)
Hase-kun sudah tegang Fujimiya mau bilang apa. Tapi ternyata...
Fujimiya: "...hanabi." (...kembang api.) 
Rupanya Fujimiya lebih menyukai kembang api daripada Hase.

"Aku suka kembang api"

Kanade


Osaekirenai omoi o kono koe ni nosete 
Tooku kimi no machi e todokeyou 
Tatoeba sore ga konna uta dattara 
Bokura wa doko ni ita doshite mo tsunagatte ikeru

Aku meletakkan perasaanku yang tak tertahan di suara ini
Agar bisa meraih kota yang jauh di mana kau berada
Andaikan itu seperti lagu ini
Meski ke manapun kita pergi, kita akan terhubung satu sama lain

Yang paling aku sukai dari Isshuukan Friends. adalah ending theme-nya yang berjudul Kanade. Kanade sendiri berarti memainkan musik. Lagu ini dinyanyikan oleh VA Fujimiya Kaori sendiri, yaitu Amamiya Sora. Karena itu sewaktu mendengarnya, maka akan terasa Fujimiya sendiri yang menyanyikan lagu itu. Dan feel-nya sangat terasa kuat.

Yamagishi Saki


Yamagishi Saki-chan juga merupakan salah satu karakter utama di anime ini. Aku suka Fujimiya, tapi entah kenapa aku lebih suka Saki. Saki ini punya kesamaan dengan Fujimiya, yaitu dia pelupa. Tapi berbeda dengan Fujimiya, Saki bisa melupakan apapun, di manapun, dan kapanpun. Dia pernah lupa membawa tas ke sekolah, tapi dia tidak lupa membawa bekalnya.


Saki tidak banyak berekspresi. Kalaupun berekspresi, ekspresinya tetap berbau datar. Mungkin kecuali saat dia menangis di episode terakhir.

Antagonis



Kujou Hajime. Ini adalah karakter yang muncul di saat-saat terakhir, menghancurkan persahabatan yang sudah susah payah dibangun Fujimiya dengan Hase, ketika Fujimiya telah bisa mengingat Hase secara perlahan. Hajime telah mengenal Fujimiya, tetapi Fujimiya melupakannya karena kondisi ingatannya. Hajime mengatai Fujimiya dengan "pengkhianat". Fujimiya langsung pingsan dan ketika bangun, Fujimiya tidak mengingat apa-apa lagi tentang Hase.

Fujimiya tak sadarkan diri...
...dan kemudian, wajah dingin itu kembali.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Red Utopia - Hataraku Maou-sama! - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - edited by Kresna