Posted by : Unknown 30 Apr 2014

Mahouka Koukou no Rettousei
Murid Rendahan di Sekolah Sihir

Di sekolah sihir ini ada diskriminasi. Para murid dikelompokkan jadi dua kelompok: Weed yang nilainya rendah dan Bloom yang nilainya tinggi. Karakter utama, Shiba Tatsuya, punya kemampuan teknis yang buruk, karena itu dia masuk Weed. Sedangkan imouto-nya, Shiba Miyuki, yang merupakan top scorer dalam tes masuk ke kelompok Bloom. Murid-murid Bloom yang sombong pun melarang Miyuki dekat-dekat dengan kakaknya. Hal ini membuat beberapa teman Tatsuya sesama Weed kesal. Meski begitu, Tatsuya selalu bersikap tenang. Selain itu ternyata Tatsuya punya kemampuan spesial, yaitu kemampuan analisis yang sangat baik.

Modelnya, ini adalah karakter yang terlihat lemah tetapi sebenarnya kuat. Lagu openingnya, Rising Hope, dinyanyikan oleh LiSA. Ini jelas benar-benar worthy. Aku suka dengan seragam sekolah di anime ini. Kemudian ada karakter yang bernama Chiba Erika yang sangat aku suka. Menurutku dia cantik. Oh, anime ini ada 26 episode, jadi masih cukup lama tamatnya.

Isshuukan Friend
Teman Satu Minggu

Adakah persahabatan yang waktunya hanya dibatasi satu minggu?

Fujimiya Kaori selalu tampak sendiri karena semua ingatan bahagianya akan hilang setiap hari senin. Meski awalnya tidak tahu, Hase Yuuki berusaha menjadi temannya. Hase terus berusaha hingga akhirnya ia menjadi dekat dengan Fujimiya dan selalu menemaninya makan siang di atap sekolah. Seminggu pun berlalu dan Fujimiya melupakan Hase. Namun, Hase tak menyerah dan berusaha untuk berteman dengannya lagi. Hase menyarankan Fujimiya untuk menulis semua tentang yang mereka lakukan dalam buku harian, agar ia dapat terus mengingatnya. Meski sangat sulit bagi keduanya, mereka terus berhubungan, menghabiskan waktu istirahat mereka untuk makan di atap bersama.

Menurutku, ini anime terbaik di musim semi ini. Benar-benar membuat sedih dan terharu. Selain ceritanya, aku suka dengan lagu endingnya. Lagu yang berjudul Kanade itu dinyanyikan oleh seiyuu Fujimiya sendiri, jadi seakan menggambarkan perasaan Fujimiya. Lagu itu terasa sangat menusuk.

Hitsugi no Chaika
Chaika Sang Peti Mati

Tooru bertemu gadis yang membawa peti mati di punggungnya di hutan. Gadis yang ternyata adalah penyihir itu bernama Chaika. Di kota, Chaika meminta bantuan Tooru dan adik perempuannya, Akari, untuk mencuri sesuatu dari kediaman besar Lord Alborth. Ternyata benda itu adalah sebuah tangan. Setelahnya mereka bertiga dikejar-kejar sekelompok orang. Menurut orang-orang itu, Chaika adalah putri dari Emperor Gaz, raja jahat yang telah kalah dari peperangan beberapa tahun lalu. Mereka bilang Chaika bermaksud mengumpulkan bagian tubuh ayahnya yang dianggap sumber kekuatan sihir hebat untuk menimbulkan peperangan kembali. Namun, Tooru menjawab "bagiku tak apa jika terjadi peperangan lagi". Ia dan Akari berpihak pada Chaika dan membantunya mencari bagian tubuh ayahnya. Bagi Chaika, keinginannya hanyalah mengumpulkan potongan tubuh ayahnya dan menguburkannya secara layak.

Ketika melihat Chaika-chan pertama kali, rasanya benar-benar hhgggg. Sangat menggemaskan. Karakternya lucu, begitu pula dengan suara dan cara bicaranya yang sepatah-sepatah.

Gokukoku no Brynhildr
Brynhildr yang Sangat Gelap

Ryouta kehilangan teman masa kecilnya yang bernama Kuroneko ketika mereka masih kecil. Seorang murid pindahan bernama Kuroha yang sangat mirip dengan Kuroneko masuk ke kelasnya. Setelah bertanya, Kuroha mengatakan jika ia bukan Kuroneko dan ia belum pernah bertemu Ryouta sebelumnya. Malahan, Kuroha memberi memperingatkan Ryouta dengan memberinya ramalan kematian. Ketika ramalan itu terjadi, Kuroha menyelamatkan Ryouta dan terungkaplah jika Kuroha adalah seorang penyihir.

Pengarang cerita ini adalah pengarang dari Elfen Lied. Ditambah lagi dengan PV dan OP yang berdarah-darah, mungkin anime ini akan berbau sadis. Dan memang benar. Di episode ke-2, aku melihat seorang penyihir yang tubuhnya meleleh. Kemudian di episode-episode selanjutnya, karakter-karakter di sini juga berdarah-darah. Di episode 3, ada penyihir yang punya kemampuan mirip dengan karkater perempuan di Elfen Lied. Dia bisa memotong apapun dalam radius beberapa meter. Tentu saja ini berakibat pada scene-scene yang penuh darah.

Date A Live II

Ketika school trip, Shidou bertemu dua spirit kembar, Yamai Kaguya dan Yamai Yuzuru. Keduanya selalu berduel untuk menentukan siapa Yamai yang sebenarnya. Yang kalah secara langsung akan menghilang eksistensinya. Namun, mereka selalu seri. Mereka pun berduel untuk merayu Shidou dan Shidou harus memilih salah satu dari mereka sebagai pemenang. Namun, secara diam-diam Kaguya dan Yuzuru meminta Shidou untuk memilih lawannya. Kaguya ingin Yuzuru yang tetap ada, begitu pula dengan Yuzuru yang ingin Kaguya tetap ada. Rahasia pun terbongkar, menyebabkan Kaguya dan Yuzuru mulai bertarung agar salah satu mati. Sementara itu, antagonis baru yaitu organisasi DEM mulai bergerak mengincar Tohka.

Lanjutan dari season pertama. Sebenarnya saya sudah membaca light novel-nya sih. Date A Live II ini sepertinya akan menceritakan light novel-nya dari volume 5 sampai 7. Sayang, seasom 2 ini hanya ada sepuluh episode. Nantinya, akan ada tiga seirei baru yang akan muncul, Yamai Kaguya dan Yuzuru bersaudara (Berserk) dan Izayoi Miku (Diva). Kemudian mulai ada antagonis yang benar-benar mengancam, yaitu organisasi DEM (Deus Ex Machina). Satu lagi, Kurumi akan punya peran penting di sini.

Aku sangat suka dengan lagu dan animasi openingnya, yaitu Trust in You yang dinyanyikan Sweet Arms. Sementara itu, animasi endingnya didominasi Shidou yang entah kenapa selalu bikin aku ketawa setiap lihat.

Mekakucity Actors

Ini adalah adaptasi anime dari manga Kagerou Days. Serius, manga ini sangat bagus. Berkisah tentang seorang hikikomori bernama Kisaragi Shintaro. Di komputernya hidup seorang gadis virtual yang bernama Ene. Sehari-hari Ene selalu mengerjai Shintaro hingga suatu saat keyboarnya rusak. Shintaro terpaksa keluar rumah untuk pertama kalinya selama dua tahun demi membeli yang baru. Tetapi, dia justru terlibat penyerangan teroris. Berkat Ene yang bisa meng-hack security, dia dan para sandera berhasil terselamatkan. Setelah itu ia bertemu sekelompok orang yang menamakan diri Mekakushi Dan. Salah satu anggotanya adalah Kisaragi Momo, adik perempuan Shintaro sendiri. Shintaro dan Ene pun bergabung dengan Mekakushi.

Anime ini dari Shaft, yaitu yang menangani Monogatari Series, Mahou Shoujo Madoka Magica, dan Nisekoi. Jadi bisa dibayangkan grafiknya seperti apa. Namun, grafik abstrak ini lumayan cocok untuk Mekakucity Actors, karena ceritanya pun juga abstrak.

Bokura wa Minna Kawaisou
Kita Semua dari Asrama Kawai

Usa Kanuzari baru pindah ke asrama baru. Di sekolah, dia jatuh cinta dengan seorang gadis. Ternyata gadis yang bernama Kawai Ritsu itu tinggal satu asrama dengannya. Malahan, asrama yang bernama Kawai Complex itu milik keluarga Ritsu. Selain Ritsu, ada juga penghuni lain yang semuanya aneh. Shiro adalah teman sekamar Usa yang mesum dan masochist. Mayumi, seorang perempuan yang sudah berkali-kali putus cinta dan jika stres suka mabuk. Sayaka, gadis yang sifatnya seperti anak kecil. Kemudian juga Kawai Sumio, nenek penjaga Asrama yang merupakan keluarga Ritsu. Selain dipenuhi keseharian mereka yang gila dan lucu, di sini Usa berusaha mendapatkan perhatian Ritsu yang pendiam, pemalu, dan penyendiri.

Anime ini sangat bagus dan lucu. Grafik dari anime ini sangat cerah dan bersinar-sinar. Entah kenapa rasanya penuh warna merah muda. Sekilas anime ini sangat mirip dengan Sakurasou no Pet na Kanojo, sama-sama tentang sekumpulan orang yang tinggal di asrama. Masing-masing karakter unik dan interaksinya lucu.

Ryuugajou Nanana no Maizoukin
Harta Terpendam Ryuugajou Nanana

Sekelompok murid petualang membuat sebuah proyek, yaitu pulau buatan yang dinamakan Nanae Island. Ketua dari murid-murid itu adalah gadis bernama Ryuugajou Nanana. Sebagai seorang petualang, Nanana telah menemukan berbagai harta karun. Dua belas tahun kemudian, Nanae Island telah menjadi pulau yang sangat maju dan kebanyakan penghuninya adalah murid sekolah. Yama Juugo adalah murid SMA yang baru pindah ke sebuah apartemen di pulau itu. Ternyata, kamar Juugo ditinggali arwah dari Ryuugajou Nanana yang telah dibunuh 10 tahun yang lalu.

Nanana punya sifat yang periang dan sangat suka game dan pudding. Sementara itu muncul gadis genius bernama Ikkyuu Tensai dan temannya Hoshino Daruku sang maid trap alias laki-laki. Bersama Juugo, mereka bertiga diminta bergabung dengan klub petualang di sekolah dengan satu tujuan, mencari harta karun Nanana. Benda-benda yang dinamakan Nanana's Collection itu tersembunyi di berbagai tempat di Nanae Island yang disebut Ruin. Juugo mau bergabung untuk menemukan petunjuk mengenai pembunuh Nanana, dan juga agar Nanana bisa move on ke afterlife. Namun, ruupanya anggota klub petualang selain mereka bertiga punya maksud jahat.

Anime ini cukup unik dan menurutku menegangkan. Karena ketika memecahkan teka-teki di Ruin, terkadang nyawa harus dipertaruhkan. Kemudian juga sangat penasaran dengan misteri kematian Ryuugajou Nanana itu.

No Game No Life

Berkisah tentang kakak beradik Sora dan Shiro yang merupakan NEET hikikomori. Mereka menganggap dunia ini sebuah permainan yang membosankan. Dengan identitas tak dikenal, mereka berdua adalah seorang genius dalam permainan-permainan di internet. Suatu hari, seorang anak laki-laki mengirim mereka ke dunia lain. Di dunia itu, segala sesuatu ditentukan oleh permainan, baik itu taruhan berupa batas wilayah hingga nyawa sekalipun. Mereka bertemu dengan Stephanie, seorang gadis yang direbut haknya untuk menjadi penerus kerajaan karena kalah dalam suatu permainan. Di dunia itu, ras manusia yang tidak menguasai sihir telah terpuruk dari 16 ras yang ada hingga tinggal satu kota. Sora dan Shiro, kakak beradik genius ini memutuskan untuk membantu Stephanie mengembalikan kejayaan ras manusia.

Sepertinya ini mirip Mondaiji-tachi. Di sini juga ditemukan sedikit scene yang menampakkan pantsu. Shiro benar-benar membuat aku merasa gemas. Lucu sekali. Apalagi VA-nya Kayano Ai, salah satu yang paling saya sukai.

Escha & Logy no Atelier: Tasogare no Sora no Renkinjutsushi
Atelier Escha & Logy: Alchemist Langit Senja

Berkisah tentang Escha dan Logy, dua orang alchemist yang baru ditugaskan di kota terpencil bernama Corseit. Corseit yang merupakan kota tempat tinggal Escha sejak kecil adalah kota tandus. Di balik daerah gurun yang disebut Land of Dusk adalah kebun apel milik keluarga Escha yang merupakan kebanggaan kota itu. Tempat bekerja Escha dan Logy disebut atelier. Sebagai alchemist, mereka menciptakan sesuatu dari berbagai bahan. Tugas mereka yang pertama adalah memperbaiki kincir angin di kebun apel. Dari sana, Escha menunjukkan sebuah reruntuhan yang melayang di langit Corset. Mimpi Escha adalah membuat suatu teknologi terbang untuk dapat menjelajah reruntuhan itu.

Alchemist itu berarti ahli kimia. Di sini, dua karakter utama mencampurkan bahan-bahan tertentu lalu jadilah sesuatu, mulai dari pie apel hingga roda gigi. Bisa jadi akan ada sesuatu di antara Escha dan Logy. Eshca, seorang gadis periang dari kota terpencil. Sedangkan Logy yang nama aslinya Logix berasal dari kota Central yang jauh lebih maju dari Corseit. Kalau suntuk setelah kuliah, anime ini bisa membuatku merasa tenang.

Black Bullet

Berlatarkan masa depan, di mana umat manusia diancam oleh virus parasit yang bernama Gastrea. Mereka yang terkena akan jadi makhluk semacam nyamuk atau entah apalah itu. Satomi Rentarou adalah anggota Civil Security, suatu organisasi yang dikhusukan untuk melawan Gastrea. Rentarou punya partner seorang gadis loli kecil yang bernama Aihara Enju. Enju merupakan seorang Cursed Children, sebutan untuk anak yang terlahir dengan virus Gastrea di tubuhnya. Akibatnya, Cursed Children punya resistansi terhadap virus itu dan punya kekuatan yang superhuman. Makhluk Gastrea ini tidak mempan ditembak dengan peluru biasa. Satu-satunya peluru yang mempan adalah peluru khusus yang dinamakan Black Bullet.

Ini benar-benar sebuah action dan sci-fi. Sudah begitu, ditambah kehadiran karakter Enju yang loli, anime ini jadi makin bagus. Hubungan Rentarou dan Enju sebagai partner juga sangat aku sukai. Juga, lagu endingnya dinyanyikan Nagi Yanagi. Bagus-bagus...

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Red Utopia - Hataraku Maou-sama! - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - edited by Kresna