Posted by : Unknown 31 Mar 2014

"I have my reason now. And I can't make it an excuse. If I do that, everything will turn into a lie. Everything we've worked so hard to build."


Saya pernah menemukan orang bilang seperti ini tentang Log Horizon:

"Don't compare this with Sword Art Online. If you do, then drop die~"

Heheheh. Memang saya sangat setuju dengan ungkapan tersebut. Log Horizon ini sangat berbeda dari SAO. Menurut saya pribadi, Log Horizon jauh lebih dewa dari SAO. Lihat saja score-nya Log Horizon yang lebih tinggi dari SAO di MAL, yaitu LH sebesar 8,36 dan SAO sebesar 8,27. Dan tak kalah dengan SAO yang ada season keduanya, Log Horizon pun juga diumumkan season keduanya akan tayang pada musim gugur 2014.


Log Horizon ini mulai tayang sejak awal musim gugur 2013, atau pada bulan Oktober. Karena jumlah episodenya sebanyak 25, maka anime ini baru selesai akhir musim dingin 2014 di bulan Maret ini. Sejujurnya saya hampir saja melewatkan Log Horizon. Saya baru mulai menontonnya di tahun 2014, dan saya benar-benar senang karena tidak melewatkannya. Anime ini benar-benar bagus.

Memang tema dari Log Horizon sama dengan SAO: para pemain yang terjebak dalam game RPG. Jika dalam SAO, kita akan mengikuti cerita Kirito dan kawan-kawan yang berusaha menyelesaikan game tersebut demi kebebasan mereka. Kemudian dibumbui dengan cinta Kirito dan Asuna, hingga Kirito berusaha menyelamatkan Asuna yang terjebak di ALO.


Berbeda dengan SAO, Log Horizon lebih berbau strategi. Dengan karakter utama seorang genius, dia bekerja sama dengan pemain lain untuk mengubah total keadaan di dunia game tersebut, termasuk unsur politik, strategi, dan ekonomi. Bahkan di Log Horizon, sisi strategi terasa lebih kuat dan kental dari MMY. Dibalut dengan humor-humor yang lucu, berkali-kali saya dibuat terkesan dengan perjalanan cerita Log Horizon ini.


Elder Tale mrupakan game RPG yang sangat populer dengan jutaan pemain. Ketika game tersebut mengalami ekspansi yang ke-12, para pemain yang saat itu sedang bermain tersedot ke dalam game itu dengan penampilan avatarnya. Peristiwa itu disebut sebagai Apocalypse. Seroang pemain bernama Shiroe bersama kedua temannya, Naotsugu dan Akatsuki, memutuskan untuk menjadi tim untuk menghadapi dunia game yang kini menjadi realita baru mereka.


Yang mereka temui adalah sebuah dunia yang tidak teratur. Mereka yang terjebak seakan tak punya tujuan, bahkan untuk mati pun tak bisa karena pemain yang mati akan hidup kembali. Akibatnya, Akihabara menjadi tempat yang kacau. Di sana sama sekali tidak ada hukum. Orang yang kuat bebas menindas yang lemah. Ditambah lagi dengan semua makanan yang tidak memiliki rasa di game itu. Intinya, hidup mereka benar-benar dunia tanpa tujuan.


Tak lama kemudian, Shiroe bertemu dengan Nyanta, temannya saat sebelum Apocalypse. Shiroe memutuskan untuk memperbaiki keadaan di Akihabara. Bersama Naotsugu, Akatsuki, dan Nyanta, Shiroe membuat sebuah guild. Jadilah sebuah guild bernama Log Horizon, yang beranggotakan empat orang pemain level 90 tersebut.



Bekerja sama dengan guild Crescent Moon, Shiroe memutuskan untuk membentuk sebuah Entaku Kaigi (Round Table Conference). Mengundang para guild master di Akiba, Shiroe mengutarakan strateginya untuk menjadikan Akihabara sebagai tempat yang lebih baik. Keahlian Shiroe dalam strategi dan pengolahan kata membuat konferensi tersebut sukses. Para guild pun bersedia bekerjasama mengubah total Akihabara.


Realita baru itu menyimpan sangat banyak rahasia. Sebagai contoh, jika seorang berkelas chef memasak secara manual, maka ia dapat membuat makanan yang memiliki rasa nyata. Itupun tak terbatas pada memasak. Para pemain dapat melakukan banyak hal yang tidak tergantung oleh sistem game. Tak lama kemudian, Akihabara pun menjadi tempat yang lebih baik.


Namun, perjuangan Shiroe dan teman-temannya tak berakhir di situ. Seiring berjalannya cerita, mereka pun menemukan rahasia besar jika dengan cara tertentu, keajaiban skala besar dapat diciptakan yang akan mempengaruhi seluruh dunia Elder Tale. Mungkinkah ini ada hubungannya dengan Apocalypse? Sementara itu, musuh misterius yang membayang-bayangi Shiroe muncul. Mampukah Shiroe dan teman-temannya mengungkap rahasia dibalik Apocalypse dan keluar dari dunia tersebut?

Semoga pertanyaan itu akan terjawab di season 2.




Satu hal yang paling saya suka dari Log Horizon adalah kehadiran karakter yang bernama Akatsuki. Akatsuki... My assassin can't be this cute? Akatsuki ini benar-benar maskot dari Log Horizon. Lihat saja penampilannya yang mendominasi seluruh ending theme. Kemudian, caranya memanggil Shiroe dengan sebutan "shukun" (master) sangat saya sukai. Entah mengapa... Tapi, meski penampilannya seperti itu, Akatsuki aslinya adalah seorang mahasiswa berumur 20 tahun. Biar saja, yang penting kawaii :3

Kemudian ending theme-nya, Your Song yang dinyanyikan Yunchi, saya sangat menyukainya. Menurut saya lagu ini menggambarkan perasaan Akatsuki ke Shiroe. ED-nya memang didominasi oleh Akatsuki.

Characters

Guild Log Horizon di awal cerita terdiri dari empat anggota:

Shiroe (Lv 90 - Class: Enchanter - Subclass: Scribe)
Akatsuki (Lv 90 - Class: Assassin - Subclass: Tracker)
Naotsugu (Lv 90 - Class: Guardian)
Nyanta (Lv 90 - Class: Swashbuckler - Subclass: Chef)



Keempatnya adalah pemain yang sangat kuat dan berpengalaman. Sangat jarang pemain yang levelnya mencapai 90. Shiroe, Naotsugu, dan Nyanta sudah berteman di Elder Tale sejak masa lalu sebelum Apocalypse. Mereka bertiga dikenal sebagai tim yang sangat kuat karena dapat menyelesaikan berbagai misi yang sulit. Kemudian Akatsuki, meski belum lama mengenal mereka, Akatsuki juga sangat handal dan dapat dikatakan seimbang dengan mereka bertiga.

Shiroe sangat ahli dalam hal strategi. Dengan memanfaatkan pengetahuan akan status para musuhnya, ia dapat melihat gerak-gerik musuh 30 detik kedepan. Naotsugu bertindak sebagai pertahanan yang akan menerima semua serangan musuh. Nyanta dapat menyerang secara ofensif. Selain itu dia adalah seorang chef yang bisa memasak makanan yang lezat. Sedangkan Akatsuki sangat ahli dalam serangan diam-diam dan mata-mata.


Guild lain yang penting selain Log Horizon adalah Crescent Moon. Guild master-nya adalah Marielle yang sangat suka mengejar-ngejat Naotsugu. Kemudian ada Henrietta yang sangat suka dengan Akatsuki yang kawaii. Lucu sekali. Ketika Shiroe mengizinkannya untuk menyentuh Akatsuki, Akatsuki sering bilang "Master(Shiroe), you sold me?!". Kemudian Akatsuki akan disuruh berpakaian sesuka Henrietta.

Dari kiri ke kanan: Minori, Isuzu, Tohya, Serara, Rundel Haus Code
Setelah dari Crescent Moon, ada juga pemain-pemain pemula yang penting: Serara, Minori, Tohya, Isuzu, dan Rundel Haus Code. Oh iya, Serara adalah anggota Crescent Moon, sedangkan keempat lainnya adalah pemain yang dibebaskan Shiroe dari guild jahat yang bernama Hamelin. Serara dapat melakukan sihir penyembuhan. Dia adalah fans berat Nyanta. Minori dan Tohya adalah saudara kembar perempuan dan laki-laki. Mereka sudah pernah bertemu Shiroe sekali sebelum Apocalypse. Isuzu adalah seorang Bard yang ahli mendukung rekannya dalam pertarungan. Tampaknya ia tertarik dengan si Rundel Haus Code yang selalu bergaya ikemen.

{ 3 komentar... read them below or Comment }

- Copyright © 2013 Red Utopia - Hataraku Maou-sama! - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - edited by Kresna